Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Kecanggihan Nissan X-Trail Hybrid

Kompas.com - 05/11/2015, 07:21 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Purwakarta, KompasOtomotif - Nissan X-Trail Hybrid memiliki spesifikasi yang berbeda dengan tipe mesin konvensional yang lebih dulu dipasarkan. Meski mengusung mesin serupa yaitu, MR20DD yang sama dengan varian 2.0L, tapi secara teknologi serta performa jauh berbeda.

Salah satu fitur istimewa yang dimiliki varian hibrida adalah sistem Intelellight Dual Clutch Control yang pertama digunakan di kelasnya. Teknologi hasil pengembangan Nissan ini diklaim super efesien, karena hanya mengandalkan satu motor yang mampu menggerakan roda dan mengisi daya listrik secara bersamaan.

"Penggunaan double clutch atau dual cluth control ini ditempatkan pada mesin di posisi yang berbeda. Satu cluth diantara mesin bensin dengan motor listrik, satunya lagi di antara motor listrik dan CVT," ucap Mohammad Ikhsan Satriawinandi, Assisten Manager Product Planning Departement Nissan Motor Indonesia (NMI) kepada KompasOtomotif di Jatiluhur, Rabu (4/11/2015).

Stanly/Otomania Mesin Nissan X-Trail Hybrid

Cara kerjanya, ketika sedang berkendara dengan mengisi daya, posisi kopling menyambung dengan mesin bensin lalu ke motor listrik dan ke CVT, sehingga mesin mengerakan roda sekaligus motor listik diaktifkan oleh mesin. Sedangkan bila mesin bensin dan listrik sedang memberikan tenaga ke roda, semua pada posisi terkoneksi plus tambahan tenaga dari motor listrik.

Tak heran bila putaran tenaga dari mesin 2.0L nya lebih responsif dibandingkan dengan mesin X-Trail 2.500 cc sekalipun. Dengan salah satu dari dua transmisi beroperasi secara terpisah dari mesin, hal ini memungkinkan penggendara menggunakan EV Mode dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengisian ulang.

Stanly/KompasOtomotif Inikator Nissan X-Trail Hybrid

Saat mengisi daya, seperti sedang melewati turunan sambil menekan pedal rem indikator pada panel akan berubah, yang tadinya tanda panah ke arah mobil berubah menuju baterai. Hal ini karena roda yang berputar langsung mengalirkan daya ke baterai dan ini terjadi karena posisi kopling menyambung antar CVT dan motor listik.

Satu Motor Tiga Fungsi

Berbeda dari teknologi mesin hybrid Toyota yang menggunakan dua motor listik sekaligus untuk kinerja dimasing-masing sistem, Nissan X-Trail hanya dimodali dengan satu motor saja. Meski demkian, Chief Vehicle Enginner of Nissan Motor Company (NMC) Nabusuke Toukura yang hadir dalam sesi media test drive di Purwakata menjelaskan, meski hanya satu motor tapi memiliki tiga fungsi sehingga lebih efesien dan praktis.

Stanly/KompasOtomotif Baterai Nissan X-Trail Hybrid

"Nissan berupaya untuk memberikan teknologi yang terbaik, dengan satu motor listrik bisa digunakan untuk tiga fungsi sekaligus. Mulai dari starter, mengerakan roda sampai pengisian daya dari generator. Pengaturan penggunaan pada kecepatan tinggi atau saat berjalan konstan pun hanya dengan satu motor, tidak seperti produk lain yang dipisahkan dengan dua motor," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com