Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tokyo Motor Show 2015

2030, Semua Bodi Mobil Terselubung "Airbag"

Kompas.com - 05/11/2015, 07:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Di Tokyo Motor Show 2015 ada banyak inovasi dan teknologi baru untuk masa depan otomotif. Salah satu yang paling menarik ditampilkan Toyoda Gosei Co Ltd yaitu konsep kendaraan untuk 2030 yang disebut Flesby.

Desain konsep ini unik, kesan pertama melihatnya bisa jadi bingung yang mana bagian depan atau belakang. Ukurannya kompak, sama seperti mimpi mobil-mobil masa depan lain yang semakin meciut ukurannya sehingga jalan lebih lapang.

Paling menarik adalah, di seluruh panel bodi terdapat kantung udara, tujuannya mengurangi dampak tumbukan bila menyentuh pejalan kaki.

Satu-satunya mengenali bagian wajah Flesby adalah dari penampakan dua lampu LED. Sinyal cahaya dari lampu itu gunanya untuk berkomunikasi dengan orang–orang di sekitar tentang kondisi mobil.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kesan pertama melihat Flesby, susah membedakan mana bagian depan.
Selain aman di luar, Fleby juga punya banyak teknologi keamanan buat penumpang di kabin. Terdapat sensor yang bisa mendeteksi gerakan mikro gestur, membaca suasana hati, dan menilai fokus pengemudi. Bila pengemudi dirasa ngantuk, marah, atau tidak sabaran, maka sistem akan mengatur latar belakang kabin, menata cahaya, dan musik, di kabin.

Kendati bagian dari konglomerasi grup Toyota, Toyoda Gosei punya pengembangan teknologi sendiri. Kebanyakan manufaktur otomotif merancang kendaraan untuk 2020, tapi Toyoda Gosei berpikir jauh dengan Flesby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com