Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tokyo Motor Show 2015

Yamaha Mau Buat SUV Kompak

Kompas.com - 04/11/2015, 11:54 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Sasis berteknologi iStream yang menjadi basis dua mobil Yamaha, city car Motiv dan model sport Sports Ride ternyata bisa dikembangkan lebih jauh. Dari keterangan resmi pada brosur Yamaha yang didapat di Tokyo Motor Show (TMS) 2015, Rabu (28/10/2015), bisa ketahuan, merek Jepang yang akrab dengan roda dua itu berencana merakit model SUV.

“Rangka tubular yang disambung dengan panel komposit bisa digunakan untuk menciptakan banyak jenis mobil dengan fungsi yang berbeda. Proses iStream mengekspansi kemungkinan untuk berkendara menyenangkan pada mobilitias personal,” tulis Yamaha.

Febri Ardani/KompasOtomotif Sasis iStream Yamaha jadi basis tiga model, mobil kota, mobil sport, dan SUV.
Yamaha telah menjelaskan, iStream adalah proses desain dan manufaktur struktur kendaraan yang dikembangkan oleh Gordon Murray dari teknologi Formula One. Yamaha mengatakan mau menciptakan mobil personal yang kental rasa berkendara sepeda motor.

japantimes Hiroyuki Yanagi, ketika memperkenalkan Yamaha Motiv di Tokyo Motor Show, November 2013.
Pada TMS 2013, konsep mobil kota Yamaha Motiv pertama kali diperkenalkan untuk publik. Kini, pengujiannya di jalan sudah dilakukan. Sesuai siklus dua tahun TMS, pada 2015 Sports Ride mendebut dan mencengangkan dunia. Ada kemungkinan model SUV Yamaha bakal lahir dua tahun lagi pada TMS 2017.

Febri Ardani/KompasOtomotif Yamaha Sports Ride diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2015.
Tidak ada penjelasan Yamaha soal model SUV pada TMS 2015. Sedikit petunjuk datang dari President and Representative Director Yamaha Motor Company Limited Hiroyuki Yanagi yang mengatakan ingin perusahaan menghasilkan Kando (dalam bahasa Jepang artinya rasa kepuasan yang berkesinambungan) yang melebihi ekpektasi semua orang tentang merek Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com