Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Irit dan Gesit Mesin VTEC Turbo Honda

Kompas.com - 03/11/2015, 15:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Motegi, KompasOtomotif – Ke depan, Honda Motor Co Ltd akan membekali semua mobil baru dengan teknologi mesin paling mutakhir. Salah satu yang paling diandalkan adalah strategi downsizing turbo, atau membuat mesin berkapasitas kecil, tapi diberi peranti turbocharged. Tenaga naik drastis, namun diklaim lebih irit bahan bakar.

Ada empat mesin VTEC Turbo Honda yang baru, yakni 1.000 cc, 1.500 cc, 2.000 cc, dan 3.500 cc. Ketiganya akan dipakai pada berbagai tipe mobil, mulai dari city car hingga supercar. Ketiganya lambat laun akan menggantikan keberadaan mesin-mesin Honda yang lama.

”Semua mesin tetap berpegang pada teknologi Earth Dreams, termasuk berbagai varian mesin hybrid. Mesin-mesin turbo ini akan memberikan kepuasan dalam segi performa,” kata Daihei Teshima, Powertrain Project Leader Honda Jade RS, Assistant Chief Engineer Honda R&D Co Ltd dalam presentasi di Motegi, Jepang, (27/10/2015) lalu.

Dalam kesempatan itu, Teshima menjelaskan tentang rahasia mesin-mesin itu. Menurutnya, kesimbangan antara performa dan irit bahan bakar adalah prospektif konsumen saat ini. Misalnya mesin 1.500 cc VTEC Turbo, sudah bertenaga 150 PS, dan torsi 203 Nm. Tapi konsumsi bahan bakar bukannya boros, malah mencapai 18 kpl. Mesin ini pertama kali dipasang pada Jade RS.

Honda Ini rahasia simpel yang membuat mesin VTEC Turbo Honda gesit dan irit.
Berikut teknologi kunci mesin VTEC Turbo Honda berdasarkan penjelasan Teshima San:

1. Direct Injection System. Efisiensi pembakaran diperbaiki lagi dengan memperkuyat injeksi sistem tumble flow (gerakan mendorong dari atas melingkar ke bawah, lalu kembali ke atas). Hal ini didukung dengan diameter (bore) kecil dan langkah (stroke) yang panjang.

2. Dual VTC (Variable Camshaft Timing) untuk lubang intake dan exhaust. Adanya dua katup untuk saluran isap dan buang, memaksimalkan timing bukaan katup. Hasilnya, tenaga dan efisiensi bahan bakar tercapai bersamaan.

3. Pemasangan turbocharger dengan respons yang cepat. Peranti ini menghasilkan torsi lebih besar pada putaran mesin rendah. Turbocharger yang dipakai berdiameter kecil, kuat dan lebih bertenaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com