Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Baru CBR250RR dari Honda di Indonesia

Kompas.com - 30/10/2015, 15:26 WIB


Jakarta, KompasOtomotif - Sosok prototipe konsep sepeda motor super sport berbobot ringan (Light Weight Super Sports Concept) di Tokyo Motor Show 2015, banyak menyita perhatian para pecinta roda dua di Indonesia. Sosoknya yang serba hitam, begitu misterius, membuat benak semakin penasaran.

Tampil tanpa embel-embel spesifikasi, justru informasi diperoleh dari salah satu sumber Honda di Indonesia. "Mesinnya dua silinder twin cam," kata sumber Honda, Kamis (29/10/2015). Dua pipa knalpot yang menjulur di pangkal mesin seolah mengonfirmasi informasi ini.

Dengan mesin dua silinder ini, maka CBR250RR ini akan lebih kompetitif di Indonesia, melawan rival sekelasnya, Kawasaki Ninja250R dan Yamaha R25.
Tampilan desain konsep sepeda motor sport ini memang terlihat angker dengan balutan kelir hitam dof. Desain fairing depan, ditambah dua lampu sipit, kisi-kisi udara di bawah lampu, menjadikan desain lebih agresif. Selain itu, suspensi depan up-side down, sementara belakang tunggal dari Ohlins.

Ada informasi menarik lainnya, menurut sumber, sepeda motor ini akan menjadi satu-satunya di Indonesia punya ciri khusus dari model lain. "Satu lagi, lengan ayun sepeda motor ini sudah aluminium. Ini satu-satunya di Indonesia, belum ada yang lain," kata sumber itu lagi.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda Light Weight Super Spoer Concept disinyalir bakal jadi motor 250 cc.

Produksi

Informasi lain, adalah menyangkut rencana kalau prototipe itu bakal diproduksi massal di Indonesia, tepatnya di pabrik PT Astra Honda Motor di Karawang, Jawa Barat. Indonesia ditunjuk sebagai basis produksi, termasuk pusat ekspor ke negara lain di dunia.

"Saat ini proyek sudah siap jalan, semua persiapan sudah dalam tahap final. Rencananya, produksi akan dimulai paling cepat awal semester kedua 2016, sekitar Agustus," kata sumber itu lagi.

Honda Light Weight Super Sports Concept bakal diproduksi di Indonesia untuk dunia.

Lahirnya portotipe Light Weight Super Sports Concept ini kabarnya diminta langsung oleh AHM pada prinsipal, supaya menciptakan satu model yang benar-benar baru demi berdaya saing. Setelah berbagai penelitian, termasuk sempat terdengar akan membopong mesin V-Twin, akhirnya lahir juga konsep "Light Weight Super Sports Concept" di perhelatan Tokyo Motor Show 2015.

"Tapi, keren kan tampangnya (Light Weight Super Sports Concept), mudah-mudahan lancar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com