Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tokyo Motor Show 2015

Daihatsu Cast, Si Kecil "Pembunuh" MINI Cooper

Kompas.com - 30/10/2015, 10:21 WIB
Azwar Ferdian

Penulis


Yokohama, KompasOtomotif - Pada gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2015, Daihatsu Motor Co., Ltd, memperkenalkan model kei car (mobil kecil) terbarunya, Cast. Sebenarnya, kei car hatchback ini sudah diluncurkan September lalu, namun di TMS ada satu varian lagi yang diperkenalkan buat publik global, khususnya konsumen Jepang.

Dua varian awal Cast yang lahir bulan lalu adalah Activa dan Sport, sedangkan varian yang diperkenalkan di TMS 2015 adalah Sport. Sejatinya tiga model ini memiliki basis mesin dan platform yang sama. Perbedaannya hanya ada di desain ekesterior, wajah depan, dan buat model Sport punya sistem suspensi yang lebih rendah dibandingkan dua model lain.

Daihatsu Cast dilepas dengan harga 1,221 juta yen di Jepang atau setara dengan sekitar Rp 130 jutaan di Indonesia. Dasar pengembangan Cast dimulai dari Move, namun dibuat lebih ringkas dengan desain yang sudah meninggalkan kesan boxy. Cast masih mengusung mesin DOHC tiga silinder 660 cc, sama dengan kei car lainnya.

Secara desain, Cast sekilas mirip dengan MINI Cooper, tapi tentu bukan kelasnya baik secara harga ataupun kapasitas mesin. "Kami harap Cast bisa diterima dengan baik, sebagai model terbaru kei car kami selanjutnya," jelas  Masanori Mitsui, Presiden Direktur DMC, saat acara pembukaan Tokyo Motor Show 2015, Rabu (28/10/2015).

Cast kemungkinan besar juga akan menjadi salah satu kei car yang bakal ditampilkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM menjelaskan, seperti tradisi-tradisi Daihatsu sebelumnya di pameran otomotif nasional, akan ada kejutan dari Daihatsu dengan memamerkan kei car di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com