Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Jepang

Bersantai Sejenak di Cafe Copen di Yokohama

Kompas.com - 30/10/2015, 08:41 WIB
Azwar Ferdian

Penulis


Yokohama, KompasOtomotif - Copen menjadi ikon Daihatsu di Jepang, dan memiliki penjualan yang cukup tinggi di negara Matahari Terbit tersebut, dengan mencatat rata-rata penjualan mencapai 1.000 unit per bulan.

Kesuksesan penjualan Copen tersebut tak lepas dari strategi penjualan yang dilakukan Daihatsu Motor Co Ltd. Sama seperti di Indonesia, Copen menyasar pada segmen penghobi, melihat status sebagai mobil sport kupe convertible dua penumpang, namun masih berstatus sebagai kei car.

Sebagai bagian dari pemasaran Copen, DMC membuat sebuah pilot project outlet flagship Copen di Kamukura, Yokohama, bernama Copen Local Base Kamakura (CLBK). Uniknya, outlet ini dibalut kafe yang memungkinkan pengunjung datang untuk sekedar minum kopi, sambil mengenalkan Copen.

"Di sini kami tidak berjualan mobil, tapi kami mengenalkan Copen kepada publik di sini. Kebetulan, Kamakura adalah kota tujuan wisata buat warga Jepang, jadi mereka turis lokal yang datang bisa datang untuk cari tahu soal Copen di CLBK," jelas Toru Sato, Store Manager CLBK, kepada KompasOtomotif di Yokohama, Kamis (29/10/2015).

Toru melanjutkan, Investasi pengambangan CLBK ini mencapai angka 50 juta yen atau setara dengan Rp 5,64 miliar. Kafe Copen berdiri di atas lahan seluas 220 meter persegi, dengan memajang dua model Copen di dalamnya.

"Setiap harinya rata-rata ada 100 orang yang datang ke tempat kami. Kami juga rutin punya acara untuk para pemilik Copen di Jepang dan mereka antusias untuk datang ke tempat kami," ujar Toru Sato lagi.

Di Indonesia

Konsep Copen Local Base Kamakura ini ternyata juga menarik minat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mengaplikasikannya di Indonesia. Dengan tetap mengusung tagline :Sahabat Daihatsu", konsep lebih dekat ke konsumen bisa diadopsi diler-diler Daihatsu.

"Saya pikir ini konsepnya menarik, karena dekat dengan tagline kita "Sahabat Daihatsu". Tapi, semua outlet-outlet Daihatsu juga sudah semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaiknya kepada konsumen dan calon konsumen," jelas Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com