Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Mustang “Meledak” Saat Dites Dyno

Kompas.com - 26/10/2015, 13:26 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mesin dyno peruntukannya mengetahui data lebih presisi seberapa besar tenaga dari mesin yang terdapat di roda. Faktor keamanan adalah hal utama, sebab saat dites pedal gas kerap diinjak menyentuh lantai. Tapi tidak semua berjalan sesuai keinginan.

Dalam video memperlihatkan bagian belakang Ford Mustang tiba-tiba meledak. Apa penyebabnya? Ternyata ban sebelah kiri mendadak meletup, pecahannya kemudian merusak ruang fender, suspensi, dan bagian bemper belakang. Sang pengemudi menjelaskan mobil sedang dipacu saat kecepatan penuh atau sekitar 240 kpj.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu, dugaan sementara ban bermasalah, Bisa jadi, sumbernya tekanan ban yang tidak semestinya. Teknologi modern pada proses produksi belakangan ini telah meningkatkan keamanan ban, tapi kejadian ini salah satu bukti kesalahan bisa saja terjadi.

Bila ban meledak saat mobil di jalan, kesalahan teknis seperti ini lebih berbahaya, sebab bodi jelas sangat sulit dikendalikan. Pada kasus ini untungnya, ban Mustang yang lain diikat jadi bodi tetap pada posisi. Hal ini juga mengingatkan kita, bila ingin tes dyno pastikan selalu mengecek tekanan seluruh ban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com