Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AXIC Suplai 4.300 Masker untuk Bantu Korban Asap

Kompas.com - 23/10/2015, 12:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Asap berbahaya untuk kehidupan masyarakat Sumatera dan Kalimantan belum kunjung hilang. Ancaman kesehatan terus menghantui karena warga jadi rentan terkena infeksi saluran pernapasan akut. Masker adalah salah satu pertolongan pertama mencegah potensi berbahaya itu.

Warga dari salah satu komunitas otomotif tertua di Indonesia, Avanza-Xenia Indonesia Club (AXIC), menyadari hal itu dan bergerak inisiatif. Bantuan berupa masker jenis N95 dikumpulkan untuk fokus disumbangkan ke warga Palembang, Pekanbaru, dan Pontianak.

Chairul M Poetra, Wakil Ketua Umum AXIC, dalam keterangan resminya, Kamis (22/10/2015), menjelaskan, gerakan ini melibatkan chapter di lokasi yang terjun langsung ke lapangan untuk membagikan masker. Lokasi pembagian di jalan raya untuk warga dan sekolah untuk siswa masing-masing kota.

“Dari hasil sumbangan pribadi para anggota AXIC, kami berhasil mengumpulkan sejumlah uang untuk dibelikan masker N95 sebanyak lebih dari 4.300 masker,” ujar pria yang kerap dipanggil Jiput itu.

Pengiriman dibagi menjadi dua, pertama sejumlah 1.890 masker N95 kemudian 2.490 masker lagi. AXIC berharap niat baik ini semoga bisa mengurangi risiko ancaman kesehatan masyarakat di Sumatera dan Kalimantan.

“Kami bukan hanya komunitas otomotif belaka. Kami juga selalu berupaya untuk bisa bersinergi dengan banyak pihak dalam bentuk kegiatan bakti sosial yang sudah terprogram di komunitas AXIC,” ucap Jiput.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com