Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Korea Selatan

Seperti Apa Interior Chevrolet Trax?

Kompas.com - 23/10/2015, 07:01 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


Seoul, KompasOtomotif - Ketika dipajang pertama kali untuk publik di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus lalu, para pengunjung, termasuk jurnalis hanya bisa memandangi Trax dari luar. Kini, saat berkesempatan berkunjung ke pusat produksi Trax di Bupyeong, Korea Selatan, KompasOtomotif punya kesempatan mengeksplorasi bagian interior.

Trax yang dipajang di Ruang Pamer pabrik GM Korea di Bupyeong, Korea Selatan, adalah model yang dipasarkan untuk pasar domestik Korea, namun tentu tetap bisa jadi acuan.

Tampilan Trax terlihat kompak jika dilihat dari dalam, begitu masuk ke anjungan pengemudi, perasaan sempit cukup luntur. Posisi duduk mengemud ideal bisa dilakukan dengan mengatur ketinggian jok dan setir. Kabin yang didominasi warna hitam dengan beberapa permainan aksen silver dan krom ini terasa elegan.

Unsur futuristik mobil ini kental terasa begitu melihat lingkar kemudi yang sudah dilengkapi dengan berbagai tombol pengaturan. Mulai dari sistem audio, mengganti gelombang radio, memainkan musik pada trek favorit, sampai mengaktifkan fitur cruise control, lengkap dengan penambah dan pengurang pada sistem "pemanteng" kecepatan itu.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Setir sudah dilengkapi berbagai tombol pengaturan, mulai dari Audio sampai sistem "cruse control".

Konsol pengatur sitem pendinginan udara (Air Conditioner/AC) terlihat sederhana. Bahkan desainnya kami anggap berhasil melunturkan kesan mewah yang coba dibangun konsep interior secara keseluruhan. Sistem audio masih 1-DIN, sudah dibekali berbagai kegunaan, mulai dari memutar musik dari CD, radio, dan USB.

Untuk Indonesia, Trax bakal dibekali sistem audio dengan layar sentuh 7 inci, dengan sistem MyLink. Sistem ini berfungsi mengintegrasikan audio dengan ponsel pintar, sehingga seluruh aplikasi (ponsel) bisa dioperasikan pada layar. Pada varian tertinggi, GM Korea juga membekali Trax dengan beberapa penambahan kualitas audio, salah satunya menggunakan speaker dari Bose.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Tombol aktivasi dan pengatur AC, terlihat terlalu sederhana.

Satu kelebihan yang sederhana dan yang paling menarik menurut kami, adalah adanya colokan kabel berbentuk soket rumahan, bertegangan 230 volt. Dengan soket ini, Anda tidak perlu ribet lagi mencari kabel data, karena cukup membawa kabel pengisi baterai ponsel, tinggal colok, sama seperti yang dilakukan ketika hendak mengisi ulang tenaga pada stop kontak di rumah.

Posisinya yang berada di bagian belakang konsol tengah, membuatnya menjangkau baik penumpang depan dan belakang. Lainnya, jok bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40, sehingga lebih lega, kalau butuh membawa barang bawaan lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com