Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chevrolet Spark Disulap Jadi Muat 80 Pizza

Kompas.com - 22/10/2015, 17:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Michigan, KompasOtomotif – Chevrolet Spark resmi jadi mobil pengantar Domino's Pizza di Amerika Serikat (AS). Ada 96 unit yang sudah dimodifikasi dengan oven di kabin dan perangkat khusus agar bisa mengangkut sampai 80 pizza sekali jalan.

Ubahan lain yang sudah dilakukan, melepas semua jok kecuali milik pengemudi agar oven bisa masuk di kabin. Pintu oven bisa dibuka dari luar, jadi memudahkan pekerja antar mengeluarkan pizza. Wajah asli Spark tetap dipertahankan, tapi ditambahkan logo identitas Domino's di beberapa bagian eksterior.

Mengubah mobil mungil jadi pekerja angkut barang bukan pekerjaan mudah, butuh trik khusus pasalnya tidak banyak ruang yang bisa digunakan. Bahkan Domino's sampai menggelar kompetisi khusus merancang desainnya ke publik. Desain seperti ini akhirnya dipilih dari ratusan rancangan yang diterima.

Proyek untuk divisi Delivery Expert (DXP) ini hasil kerja sama Domino's dengan Roush Enterprises dan mantan wakil presiden R&D General Motors, Kenneth Baker. Total harga memproduksi satu unit mencapai kisaran 20.000 dollar AS – 25.000 dollar AS (Rp 271 juta – Rp 338 juta), jauh lebih tinggi dibanding banderol asli Spark 12.170 dollar AS (Rp 165 juta).

“Walaupun pengiriman Domino's tetap mengutamakan menggunakan mobil personal pekerja antar, Domino DXP ini mewakili lompatan inovasi abad 21 dan membawa pengiriman pizza ke level baru dalam hal efisiensi dan kualitas,” jelas Presiden Domino's AS Russel Weiner seperti diberitakan Automotive News, dari keterangan resmi Domino, Rabu (21/10/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com