Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Baru Sepeda Motor Listrik Zero

Kompas.com - 22/10/2015, 16:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Santa Cruz, KompasOtomotif – Zero Motorcycles memperbarui jajaran sepeda motornya untuk model 2016. Paling mengejutkan adalah munculnya dua model baru, yakni Zero DSR dan FXS. Keduanya sudah diduga akan muncul setelah Maret 2015 lalu dokumen pematenan produk bocor.

Tapi lebih penting dari itu adalah dibenamkannya motor baru yang disebut all-new Z-force IPM (Interior Permanent Magnet). Perusahaan mengklaim motor ini semakin efisien, lebih cepat dingin dan menawarkan kapasitas termal yang tinggi.

Kalau orang awam bilang, motor baru itu mempunyai kemampuan untuk digeber lebih keras dan bisa dipacu dengan kecepatan lebih tinggi. Model-model yang dipasangi motor baru adalah Zero DSR, Zero SR, Zero FXS, Zero S ZF13.0, dan Zero DS ZF13.0.

Teknologi lithium-ion di dalam baterai juga semakin dioptimalkan, yang berarti sepeda motor bisa dipacu semakin lama. Klaim menyebut rata-rata baterai bisa bertahan sampai 317 km di dalam kota dan 157 km di jalan tol pada kecepatan 112 kpj.

Memang, klaim ini akan akan tidak sama, karena kebiasaan berkendara juga berbeda-beda. Namun sejauh ini, KompasOtomotif cukup puas dengan jarak yang bisa ditempuh sepeda motor listrik Zero hanya dalam sekali pengisian baterai pada model-model yang ada.

Perusahaan yang berbais di Santa Cruz, California, Amerika Serikat itu juga mengumumkan aksesori pengisian ulang cepat untuk baterai, disebut Charge Tank. Komponen ini ditambah charging stations dua level sehingga bateri sepeda motor bisa penuh kurang dari tiga jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com