Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren, Grand New Avanza Berwajah Honda D Concept

Kompas.com - 20/10/2015, 17:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kelahiran Grand New Avanza dengan kadar perubahan major change membuka tantangan baru memodifikasi model yang punya gelar mobil sejuta umat itu. Atas permintaan KompasOtomotif, dua desainer asal Bandung, Alpha Rhesa dan Ivan Ramdhani, merancang desain modifikasi Grand New Avanza.

Ide modifikasi yang diminta harus beda, segar, dan menunjukan kreativitas baru. Alpha dan Ivan menjawabnya dengan rancangan ekstrem, Grand New Avanza dibalut kit bodi yang terinpirasi Honda Concept D. Gagasan ini out of the box, tapi hasilnya mengesankan.

Alpha spesifik bertugas merancang bodi kit, sementara Ivan yang mengemas hasil keseluruhan jadi lebih apik. Desain ini dibuat menggunakan aplikasi Photoshop, dikerjakan di waktu senggang kala bekerja di salah satu rumah modifikasi.

Tampang baru Avanza disebut punya “tarikan garis” yang sesuai dengan desain Concept D. Pada bodi kit, garis bemper dari bawah lampu depan mengarah ke lebih bawah serta memisahkan bagian kanan dan kiri. Di kedua bagian itu terdapat lubang udara dan LED, konfigurasinya mirip Concept D.

Ivan Ramdhani Desain bagian belakang tidak seperti Honda Concept D.
Fantasi ini membuat wajah asli Avanza makin terlihat kekar. Proporsi bodi terkesan padat karena menggunakan pelek 18 inci di keempat roda. Beda dengan wajah di bagian belakang tidak terinspirasi Concept D, bagian bemper jadi dibuat mendekati aspal karena terdapat diffuser . Sebagai pendukung, knalpot bulat bergaya balap mendukung perubahan dengan kesan lebih berotot.

“Konsepnya sporty. Sebelumnya kita pilih-pilih dulu desainnya, ada beberapa model, ga cuma satu, tapi akhirnya terpilih yang ini. Jadi desainnya terinspirasi Honda Concept D,” ujar Alpha kepada KompasOtomotif, Selasa (20/10/2015).

Worldcarfans Honda Concept D dipamerkan di Shanghai Auto Show 2015.
Honda Concept D adalah mobil konsep SUV masa depan Honda yang sudah diperkenalkan di Shanghai Auto Show 2015 pada April lalu. Versi produksinya ditujukan untuk pasar China sebagai model flagship yang mengubah persepsi pada merek Honda.

Jadwal Concept D dicetak massal belum diungkap. Tapi sepertinya Honda akan “kecolongan” karena desain kit bodi Avanza ini bisa jadi diproduksi dan digunakan di Indonesia lebih dulu.

Toyota Astra Motor (TAM) Grand New Avanza dibawa ke tol Cipali pada 13 - 14 Agustus 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com