Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CVT Terbaru Nissan Makin Sempurna

Kompas.com - 17/10/2015, 11:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif
– Produsen otomotif asal Jepang, Nissan terus melakukan inovasi. Kali ini, Nissan telah mengembangkan transmisi CVT (Continous Variable Transmission) model terbaru. Dalam membuat CVT baru itu, Nissan bekerja sama dengan pabrikan professional transmisi otomatis, Jatco.

Salah seorang sumber internal Nissan, seperti dilansir laman Worldcarfans, Sabtu (17/10/2015) menyebutkan, transmisi CVT yang dikembangkannya itu bernama CVT7W/R. Dasarnya, CVT terbaru itu menggunakan model CVT7, hanya saja ada penambahan komponen agar lebih sempurna.

Transmisi CVT terbarunya itu diklaim mudah dikendalikan dan perpindahan giginya lebih halus. Hal itu berkat penggunaan piranti pengontrol yang mampu mencegah terjadinya slip ketika transmisi mulai aktif dan mesin mobil dalam keadaan menyala.

Tak hanya itu, transmisi CVT barunya itu juga menggunakan belt dan pulley model terbaru. Nissan dan Jatco menyempurnakan sistem kerja keduanya sehingga hasilnya maksimal. Bahkan gesekan antar komponen diklaim berkurang drastis sehingga mampu memberikan kenyamanan berkendara.

Transmisi CVT yang dikembangkan dengan Jatco itu sudah diaplikasikan oleh Nissan pada model Lannia yang baru diluncurkan di pasar otomotif China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com