Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grand New Veloz Makin Nyaman buat Istirahat

Kompas.com - 17/10/2015, 07:47 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Hampir setiap orang menginginkan kendaraan dengan tingkat kenyamanan maksimal. Salah satunya adalah Justa Ratibi (43). Urusan memilih mobil, wanita asal Manado ini percaya pada Toyota Grand New Veloz. Menurutnya, kendaraan multi guna bawah (low multi purpose vehicle/LMPV) ini terbukti sangat nyaman dan senyap.

Bukan sembarangan mengucap, ibu dengan dua orang anak ini sudah membuktikannya secara langsung. Ia bercerita, selama di perjalanan ke suatu tempat, salah satu anaknya tergolong anak yang sulit tidur di mobil saat kondisi berisik dan tidak nyaman. Tapi setelah ganti ke Grand New Veloz, buah hatinya itu lebih mudah tertidur.

“Jadi anak aku itu tidak bisa tidur di mobil kalau bising, tapi setelah aku pakai Grand New Veloz, ia jadi mudah tidur. Ketika saya tanya, kata dia mobil ini lebih nyaman dan tidak bising (senyap),” ujar wanita yang akrab disapa Nita kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu di Jakarta Selatan.

Azwar Ferdian, KompasOtomotif Ibu Nita pemilik Toyota Grand New Avanza Veloz.

Pembuktian lainnya, menurut Nita, Grand New Veloz ini hembusan pendingin kabin (air conditioner/AC) lebih merata dan sejuk hingga ke kabin belakang. Begitu juga mengenai kesenyapan, ketika ia memutar lagu kesayangan, suara bising atau putaran ban ke aspal tidak lagi terdengar jelas.

“Saya jadi bisa menikmati lagu kesukaan sepanjang perjalanan. Yang saya rasakan juga sangat senyap sekali jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Luar biasa sekali, dan saya tidak mengarang sudah dibuktikan sendiri,” kata wanita yang tengah menekuni bisnis kuliner ini.

Bicara kesenyapan, Toyota memang telah menyematkan banyak peredam di berbagai sisi pada Grand New Veloz. Tak hanya itu, produsen otomotif asal Jepang ini juga berhasil memperbaiki dari sisi teknis agar suara bising dari gerakan mekanis bisa diminimalisir.

Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana interior Toyota Grand New Avanza G 1.5L.

Bahkan menurut Chief Engineer Grand New Avanza dan Veloz Kazuhiko Yamashita, mesin terbaru berkode NR dengan teknologi Dual VVT-i yang lebih senyap membantu meningkatkan kekedapan pada kabin.

Faktor penting kedua adalah perubahan suspensi. Perubahan pada komponen lateral rod dan peredam membuat mobil semakin nyaman, empuk, dan minim getaran.

Ketiga, beberapa bagian pada rangka lantai diperkuat. Ini meningkatkan handling dan stabilitas, sekaligus mengurangi kebisingan. Yang juga tak kalah penting adalah penambahan peredaman pada dasbor dan saluran isap. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com