Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Karyawan Mengetahui Kecurangan VW

Kompas.com - 15/10/2015, 17:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif – Laporan baru dari media Jerman, Der Spiegel, Rabu (14/10/2015), mengungkap informasi penting atas dieselgate Volkswagen. Disebutkan, setidaknya ada 30 orang dari pihak Volkswagen yang mengetahui terdapat perangkat manipulasi uji bahan bakar diesel pada kendaraan untuk pasar Amerika Serikat (AS).

Klaim itu bertentangan dengan pernyataan bos Volkswagen Amerika Michael Horn yang mengatakan di hadapan komite House Energy and Commerce AS bahwa hanya beberapa insinyur yang bertanggung jawab atas perangkat yang disebut defeat device itu. Horn menjelaskan skandal ini dilakukan segelintir orang hingga menyebabkan Grup Volkswagen merugi sampai miliaran dollar AS.

Volkswagen telah meminta pada kantor hukum Jones Day untuk melakukan investigasi eksternal terkait dieselgate, sementara itu penyelidikan internal terus dilakukan agar menemukan sumber masalah mengapa defeat device bisa terpasang pada 11 juta kendaraan Volkswagen.

Disangkal

Pengakuan Horn yang berbeda dengan laporan Der Spiegel bisa jadi berbahaya. Satu hal yang tidak diinginkan adalah Volkswagen menodai transparansi penyelidikan.

Meski begitu Volkswagen menyangkal pemberitaan Der Spiegel. “Angka ini sama sekali tidak mendasar,” kata salah satu sumber dari kantor pusat Volkswagen  di Wolfsburg, Jerman, seperti dilansir dari Automotive News.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com