Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supaya Toyota Fortuner dan Innova Jadi Anti-maling

Kompas.com - 15/10/2015, 09:00 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bagi pengguna Toyota Fortuner dan Innova ada kabar baik. Para pengrajin aksesori aftermarket melakukan satu terobosan yakni membuat alat pengaman mobil agar terbebas dari pencurian. Adalah "2 in 1 double lock system" yang dijual di toko aksesori Automania di Ruko Mega Grosir Cempaka Mas, Blok D1, No.17, Jakarta Pusat.

Mela, sang pemilik toko Automania menjabarkan, alat ini memberikan pengamanan dengan sistem penguncian ganda karena terpasang erat di mobil. Fungsinya, ketika kendaraan sedang dalam kondisi parkir, alat tersebut akan mengunci pedal gas sekaligus memutus sistem elektrik.

“Jadi saat maling mau mencuri mobil, saat di starter mesin tidak akan hidup dan semua pedal akan terkunci, jadi akan aman,” kata Mela saat ditemui KompasOtomotif beberapa hari lalu di Jakarta Pusat.

Cara memasang alat itu, Mela melanjutkan hanya ditempel di bagian bawah setir dan tidak akan merusak bagian yang ada di mobil tersebut. Cara kerjanya, ketika pemilik mobil sedang parkir, maka setelah kunci kontak dicabut maka alat ini otomatis mengunci pedal dan menghalangi bagian dalam rumah kunci.

“Jadi ketika parkir otomatis akan terkunci sendiri dan bisa dibuka ketika pemilik mobil menggunakan kunci aslinya,”ucapnya.

Sementara itu, harga yang ditawarkan relatif terjangkau untuk alat keamanan seperti ini, yakni hanya Rp 1.850.000, belum termasuk jasa pemasangan. Model seperti ini khusus untuk Fortuner dan Innova, tapi merek mobil lainnya juga tersedia dengan harga tidak jauh berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com