Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Datsun Meningkatkan keselamatan Berkendara di Afsel

Kompas.com - 14/10/2015, 08:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Datsun punya cara sendiri untuk meningkatkan kemampuan mengemudi konsumen. Saat mengunjungi Jakarta, Selasa (13/10/2015), Corporate Vice President, Global Head of Datsun Vincent Cobee mengungkapkan, diler di Afrika Selatan (Afsel) memiliki fasilitas simulator mengemudi yang bisa digunakan konsumen agar mendapatkan pengalaman berada di belakang kemudi.

Hasil rating dua bintang dari uji tabrak New Car Assessment Program Southeast Asian Countries (ASEAN  NCAP) pada September lalu boleh dibilang mengangkat kembali isu keamanan penumpang hatchback Datsun GO ke permukaan. Sebelumnya, pada November tahun lalu Datsun GO produksi India memeroleh hasil buruk 0 bintang pada uji tabrak Global NCAP.

Menyediakan simulator mengemudi jadi bentuk reaksi Datsun soal keselamatan berkendara. Cobee menjelaskan, mobil bukanlah satu-satunya faktor yang harus dipertanyakan tapi juga kemampuan pengemudi sebagai penentu keselamatan berkendara.

“Masalah yang utama adalah Anda tahu apa yang anda lakukan di dalam mobil,” kata Cobee.

Datsun Indonesia Media test drive Datsun Go Panca di Semarang, 7-9 Oktober 2014
Salah satu media Afsel, Doitnow.co.za, menjelaskan, simulator mengemudi rencananya akan tersedia di seluruh diler Datsun di Afrika Selatan. Desainnya dirancang seperti GO, satu-satunya model yang dijual di Afsel. Pelatihan meliputi aktivitas mengemudi sehari-hari, di antaranya belajar mengoperasikan kopling, setir, penggantian gigi, berpindah jalur, melewati persimpangan, dan keluar dari bundaran.

Inovasi Datsun ini terbilang sukses. Sebesar 95 persen dari seluruh konsumen yang berlatih berhasil mendapatkan surat izin mengemudi karena punya dasar skil mengemudi serta percaya diri. Cara Datsun seperi ini terbilang tepat, mengingat harga mobil yang terjangkau membuka peluang masyarakat untuk pertama kalinya membeli mobil.

“Ketika saya mengembangkan skil pengemudi, saya menyerang 100 persen penyebab jumlah korban di jalan. Ketika saya menyematkan airbag di mobil mungkin hanya berpengaruh satu persen pada masalah. Satu persen itu penting tapi bukan inti masalah,” ujar Cobee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com