Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Klaim Konsumsi BBM Prius Terbaru 40 Kpl

Kompas.com - 14/10/2015, 08:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Generasi terbaru Toyota Prius sudah diperkenalkan di ajang Frankfurt Motor Show, Jerman, September lalu. Tapi, kemunculan mobil berteknologi hibrida terlaris di dunia ini masih minim informasi, terutama hal spesifikasi teknis. Kali ini, produsen mobil terbesar di Jepang, siap buka-bukaan soal Prius baru yang kabarnya mendapat bekalan teknolgi hibrida terbaru di Tokyo Motor Show, akhir bulan ini (Oktober 2015).

Prius generasi keempat bukan cuma mengalami ubahan desain yang dramatis, tapi juga diklaim lebih irit, bisa menempuh jarak lebih jauh dari model sebelumnya. Toyota mengklaim, rata-rata konsumsi bahan bakar Prius baru bisa mencapai 40 kpl, sedangkan sebelumnya hanya 32,6 kpl.

Hasil itu didapat dari mesin bensin 1.8-liter, VVT-i, empat silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 98 tk pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm di 3.600 rpm. Desain penempatan motor listrik berubah, kini Toyota membuatnya lebih pendek dibandingkan dengan model sebelumnya.

Car Advice Sistem gerak Toyota Prius.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan Prius yang saat ini sudah beredar di jalanan, model terbarunya ini memiliki dimensi lebih panjang 60 mm, 15 mm lebih lebar dan 20 mm lebih rendah serta jarak sumbu roda (wheelbase) 2.700 mm.

Masuk ke interior, Prius terbaru sudah dilengkapi sistem audio dengan layar sentuh yang lebih besar. Setir multi fungsi karena bisa digunakan untuk mengatur beberapa fitur hiburan serta instrument cluster yang sudah digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com