Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leonardo DiCaprio Mau Angkat Skandal VW ke Layar Lebar

Kompas.com - 14/10/2015, 07:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis


California, KompasOtomotif – Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (Environmental Protection Agency/EPA) menyatakan Volkswagen (VW) AG telah melanggar uji emisi pada kendaraan bermesin diesel. Akibat masalah ini, VW harus menarik kembali (recall) 11 juta unit mobil di seluruh dunia.

Rupanya, skandal emsi gas buang VW ini mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak, termasuk industri film dunia. Salah satunya rumah produksi ternama asal Hollywood, Paramount Pictures dan perusahaan film milik Leonardo DiCaprio, Appian Way.

Menariknya, seperti dikutip dari Autoevolution, Rabu (14/10/2015), perusahaan milik Leonardo ini sudah mendapatkan hak cipta atas buku karya Jack Ewing, yang membahas soal praktik curang VW dalam mengikuti standar tes emisi gas buang menggunakan piranti lunak tertentu.

Jack Ewing merupakan jurnalis New York Times yang kini sedang mengerjakan buku tentang skandal VW dan dampaknya pada industri otomotif. Cerita dari buku tersebut rencananya akan diangkat menjadi film layar lebar.

New York Times Cara kerja perangkat lunak Volkswagen menipu uji emisi bahan bakar diesel di Amerika Serikat.

Menurut salah seorang sumber, nantinya film tersebut akan dimulai dari salah satu perangkat lunak (software) illegal yang ditempatkan di mobil VW untuk menipu EPA soal skandal emsisi gas buang.

Kemungkinan DiCaprio membuat film ini cukup besar, karena ia sendiri merupakan seorang aktivis yang peduli terhadap lingkungan. Bahkan ia telah menyatakan siap memerangi polusi udara dan perubahan iklim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com