Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes ”Dyno” Canggih untuk Motor Premium

Kompas.com - 13/10/2015, 12:59 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Semakin banyaknya populasi sepeda motor 250 cc ke atas di Indonesia terutama merek Kawasaki, membuat Kawasaki Motorave Cibubur (KMC) memberikan layanan baru ekstra. Mesin pengetes performa (dyno test) merek Dynojet siap digunakan konsumen yang penasaran tenaga, torsi, bahkan kenaikan performa setelah ditambah peranti dan aksesori pada sepeda motornya.

Dynojet adalah mesin canggih yang diproduksi Dynojet Research Inc. USA, merupakan salah satu merek mesin penguji kekuatan dan kecepatan yang diandalkan banyak pabrikan otomotif maupun kelompok pengguna yang berkepentingan langsung, misalnya tim balap.

KMC meyakini, pengujian tentang kekuatan dan kecepatan sepeda motor jauh lebih aman menggunakan mesin ketimbang mengambil risiko dengan memacunya di jalan oleh manusia. ”Banyak pengguna sepeda motor menaikkan performa dengan banyak aksesori. Nanti bisa diuji lewat tes dyno. Mesin ini memberikan hasil real seperti kondisi di jalan,” ujar Hosea Sanjaya, pemilik KMC.

Tak hanya digunakan untuk sepeda motor, Dynojet seri 250ix yang dimiliki KMC juga bisa digunakan untuk ATV (kendaraan tiga roda) dan seluruh tipe sepeda motor dengan tingkat pengujian hingga 750 tk dan 200 mph (kapasitas dengan tipe tertinggi untuk sepeda motor).

Untuk membangun pondasi dan fasilitasnya, secara khusus diperlukan fan-blower in & out dalam kapasitas 35.000 CFM (cubic feet of air per minute) dan kompresor berkapasitas 5HP, serta fasilitas penunjang lainnya seperti software, computer, printer. Secara keseluruhan investasi mencapai 80.000 dollar AS atau mencapai Rp 1 miliar.

Fasilitas Kawasaki Motorave Dynojet 250ix adalah satu-satunya di Indonesia. Untuk pengoperasiannya telah dilakukan pelatihan langsung oleh Expert Dynojet Asia Pasific, Mr. Rennie Khoo selama dua hari kepada delapan Mekanik Senior Kawasaki Motorave Premium Bike.

Fasilitas pengujian ini bisa dimanfaatkan gratis kepada seluruh anggota komunitas Motorave Rider Club (MRC), serta kepada konsumen yang membeli sepeda motor premium di Kawasaki Motorave.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com