Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All-New CB150R dan New Sonic 150 Dongkrak Sport Honda

Kompas.com - 13/10/2015, 12:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penjualan sepeda motor Honda di segmen sport, September melonjak 70,1 persen setelah PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil membukukan 33.118 unit. Pertumbuhan signifikan ini dicapai melalui tingginya penerimaan masyarakat terhadap dua model terbaru yakni All-New CB150R StreetFire dan New Sonic 150R.

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) penjualan sepeda motor nasional pada bulan lalu tercatat 603.102 unit atau turun 3,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 622.089 unit. Penjualan sepeda motor Honda juga melemah 1,3 persen melalui total penjualan sebesar 425.458 unit.

Sumbangsih model sport Honda menjadi penyebab bertahannya merek logo sayap itu dalam situasi yang kurang baik. CB150R StreetFire memberikan kontribusi terbesar, terjual 14.048 unit, diikuti light sport New Sonic 150R yang terjual 7.136 unit.

GM Divisi Penjualan AHM Thomas Wijaya mengatakan, lonjakan permintaan terhadap dua model terbaru sport Honda mencerminkan kepercayaan para pecinta sepeda motor sport terhadap performa tinggi dan desain atraktif yang dimiliki CB150R StreetFire dan Sonic 150R.

"Dua model ini kami desain khusus sesuai kebutuhan dan minat pecinta sepeda motor sport yang dinamis, menyukai kelincahan berkendara, didukung performa mesin handal. Kami optimistis kedua model ini terus laris terjual dan diminati masyarakat," ujar Thomas dalam siaran resmi (12/10/2015).

Sebenarnya, jika melihat model dan trahnya, Sonic digolongkan dalam kategori bebek (underbone) seperti yang tertuang dalam data AISI dengan kode 4U alias 4-tak underbone. Namun AHM tetap mengategorikan Sonic sebagai sport ringan (light sport), dan dihitung berkontribusi besar untuk segmen sport sebagai satu-satunya segmen yang tak dikuasai Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com