Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All-New Innova Gendong Mesin Baru, Ada Mode “Sport”

Kompas.com - 12/10/2015, 14:36 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Perubahan pada All-New Innova merambah ke hampir semua bagian, termasuk mesin. Menurut salah satu sumber diler Toyota kepada KompasOtomotif, generasi terbaru Innova tetap ditawarkan dengan pilihan mesin diesel dan bensin, namun menggunakan jenis baru.

“Mesin diesel jadi 2.4 VNT (Variable Nozzle Turbocharger), power-nya di atas yang dulu. Tenaga dan torsi lebih besar walaupun cc-nya lebih kecil,” katanya pekan lalu.

Saat ini varian diesel Innova menggunakan mesin 2KD-FTV 4-silinder D-4D DOHC 2.5L berteknologi common rail variable geometry turbocharger serta bertenaga 100 tk dan torsi 260 Nm. Mesin D-4D juga digunakan pada SUV Fortuner, tapi kemudian pada 2012 SUV itu ditambahkan teknologi VNT.

Toyota Mesin diesel turbo terbaru berkode GD akan menggantikan KD untuk Innova, Fortuner, dan Hilux terbaru.
Kemungkinan besar, mesin 2.4 VNT milik All-New Innova sama seperti Toyota All-New Fortuner yang sudah meluncur di Thailand. Di Thailand, Fortuner sekarang punya pilihan mesin seri 2GD-FTV VNT Intercooler 2.4L bertenaga 148 tk dan torsi 400 Nm. Mesin ini juga dipakai pada All-New Hilux di Thailand, tapi saat diluncurkan di Indonesia pada Agustus lalu, Toyota Astra Motor (TAM) tetap mempertahankan mesin 2KD-FTV.

Sport mode

Sumber menyebut generasi terbaru Innova punya pilihan mode berkendara, salah satunya “Sport” pada varian Q yang sudah diketahui jadi varian dengan spesifikasi tertinggi. “Ini pengaturan bahan bakar di mesin , kalau mode ECO kan bikin irit nah yang ini kebalikannya,” ujar sumber.

Menyematkan mode “Sport” bisa jadi hal positif. KompasOtomotif pernah berbincang dengan para sopir dari jasa rental antar kota yang mengungkap lebih senang menggunakan mesin bensin dibanding diesel karena lebih bertenaga saat dipacu di jalan tol.

Mesin bensin

Innova, Fortuner, dan Hilux merupakan bagian dari platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) milik Toyota, jadi pengembangannya sudah pasti bersinergi. Sumber yang sama juga mengungkap, untuk mesin bensin Innova baru tetap berkapasitas 2.0L namun sudah berteknologi dual VVT-i.

Pada model yang masih beredar sekarang, Innova dibekali mesin 1TR-FE 4-silinder DOHC dengan 134 tk dan torsi 182 Nm. Mencangkokan teknologi dual VVT-i jadi usaha yang sama seperti pengembangan Grand New Avanza, tujuannya meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com