Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Menteri Juga Bisa Sporty

Kompas.com - 12/10/2015, 11:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber paultan

Tokyo, KompasOtomotif – Toyota Crown baru saja mendapat penyegaran di Jepang minggu lalu. Tak sekadar facelift, Toyota Motor Corp juga membuat mobil menteri di Indonesia itu semakin sporty. Caranya, menyediakan aneka aksesori dari Toyota Racing Development (TRD) sebagai tuner resmi.

Tiga tipe Crown yakni Royal, Athlete, dan Majesta, masing-masing mempunyai akesori yang berbeda. Seperti biasa, tipe Royal menjadi yang paling elegan di antara dua saudaranya. Sementara tipe Athlete dan Majesta mewakili darah muda yang ingin sedan mewah namun agresif.

Toyota Toyota Crown Athlete mendapat penyegaran paling banyaj, termasuk mesin 2.000 cc turbo.
Untuk Athlete, paket aksesori meliputi desain apron baru (depan-belakang) untuk menyesuaikan dengan bemper. Lalu dilengkapi juga dengan side skirt, bootlid lip spoiler, dan muffler garnish warna matte black.

Kurang puas, ada pilihan ban 18 inci dan 19 inci, paket suspensi, penguat sasis, tombol start-stop, penutup oli dan tangki bensin, sampai perangkat rem khusus. Semua paket ini berhasil membuat Crown Athlete tampak lebih tajam.

Sementara tipe Royal dan Majesta mendapat lebih sedikit aksesori. Misalnya pada eksterior, terdapat aksesori untuk bemper belakang seperti diffuser. Tidak ada pilihan aksesori untuk sasis dan suspensi seperti model Athlete.

Toyota Bagian belakang Toyota Crown Royal facelift TRD Sportivo.
Perubahan dasar
Selain mendapat banyak aksesori, model dasarnya pun sudah berubah. Di antaranya lampu dan bemper depan yang diperbarui untuk tipe Royal dan Athlete. Lampu belakang model baru diterima oleh tipe Athlete. Suspensi dan pengendalian dikatakan Toyota semakin baik, berikut peranti komunikasi di dalamnya.

Update lainnya, mesin baru bertenaga 235 PS dan torsi 350 Nm kode 8AR-FTS 2.000 cc turbo. Mesin khusus tipe Athlete ini diadopsi dari Lexus IS dan NX 200t, dipasangkan dengan transmisi otomatik 8-percepatan ECT. Sementara tipe Majesta kini hanya tersedia dalam pilihan mesih hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber paultan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com