Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aman Duduk di Semua Area Hyundai Tucson

Kompas.com - 12/10/2015, 09:05 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Brussels, KompasOtomotif – Hyundai Tucson terbaru diberi penghargaan maksimum lima bintang dalam tes tabrak Eurp NCAP terbaru belum lama ini. SUV medium Korea Selatan ini dites bareng dua mobil lain, yakni Mazda MX-5 dan Opel Karl yang keduanya belum mendapat nilai sempurna.

Generasi baru Tucson itu menerima nilai tertinggi di semua area pengetesan, yang menurut Euro NCAP menunjukkan bahwa mobil ini aman di semua sudut. Ini menjadi poin plus jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang dites pada 2006.

Apalagi, Tucson yang bersaing bersama Honda CR-V, Nissan X-Trail, Kia Sportage, dan mobil-mobil sejenisnya itu sudah dilengkapi dengan sistem keamanan tambahan seperti Automatic Emergency Braking (AEB), meski tidak dimasukkan dalam rating.

Dalam rating yang dikeluarkan Euro NCAP, perlindungan untuk penumpang dewasa pada Hyundai Tucson terbaru mencapai 86 persen, sedangkan untuk anak-anak dan bayi mencapai 85 persen. Angka yang sangat tinggi untuk perlindungan penumpang.

Hyundai New Tucson sanggup melindungi semua bagian tubuh pengendara dan penumpang, terutama bagian lutut yang tercatat sangat baik. Begitu juga perlindungan untuk penumpang belakang, Euro NCAP mempublikasikan nilai tertinggi saat mobil ditabrak dari samping.

Sementara skor keamanan untuk pejalan kaki mencapai 71 persen, sementara skor untuk fitur keamanan yang memperingatkan dan mengantisipasi kelalaian pengemudi juga meraih angka sama, 71 persen.

Berikut video saat pengetesan lengkap dari Euro NCAP, lebih dari enam unit Tucson dipakai untuk eksperimen untuk ”dihancurkan”:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com