Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bukti Potensi Pasar Otomotif China

Kompas.com - 09/10/2015, 18:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Beijing, KompasOtomotif – Sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia, China juga menjadi negara dengan perkembangan otomotif yang sangat pesat. Pertumbuhan orang yang punya mobil sangat besar, salah satu buktinya adalah antrean mobil pribadi saat libur panjang.

Pemerintah China memberlakukan libur panjang untuk merayakan National Day, antara 1-7 Oktober 2015. Semua orang liburan, menggunakan mobil pribadi ke luar Beijing. Saat liburan selesai, arus balik kendaraan pun tak terbendung.

Seperti dalam rekaman video dari Tv.Soku dan diunggah akun Sploid yang merekam bagaimana antrean panjang di gerbang tol Beijing-Hong Kong-Macau Expressway. 50 pintu tol pun sesak, bahkan dilaporkan antrean tak kunjung habis selama berjam-jam.

Hal itu diperparah dengan jalan menyempit (bottleneck) setelah keluar dari gerbang tol, membuat barisan mobil seperti ”neraka jalanan” yang tak kunjung surut.

Pemerintah China menyatakan bahwa lebih dari separuh penduduk yang berjumlah total sekitar 750 juta orang bepergian. Bisa dibayangkan betapa sesak ruas jalanan saat lebih dari 325 juta orang membawa mobil pribadi.

Silakan lihat betapa parahnya kemacetan dan antrean di gerbang tol dalam video berikut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com