Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Perkenalkan Sport Mungil "Adik Hachi-Roku"

Kompas.com - 09/10/2015, 13:31 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif – Sebagai tuan rumah, Toyota, produsen mobil terbesar di Jepang berusaha menjadi pusat perhatian di ajang Tokyo Motor Show, akhir Oktober 2015. Pada ajang dua tahunan kali ini, Toyota telah menyiapkan penampilan konsep terbarunya, sport mungil, bernama S-FR.

Pihak Toyota dalam keterangan resminya, Jumat (9/10/2015) menyatakan, S-FR punya dimensi yang mungil. Panjang bodi cuma 3.990 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.320 mm, serta jarak sumbu roda (wheelbase) 2.480 mm. Meski mungil, kapasitas penumpangnya bisa mencapai empat orang.

Mobil sport mungil dan murah ini akan menggendong mesin 1.5-liter dan berbobot cuma 980 kg. Transmisi yang disediakan cuma manual, enam percepatan. Konsep ini juga dibekali sistem suspensi independen, membuatnya semakin lincah bermanuver di tikungan.

Rencananya produsen otomotif asal Jepang itu mulai menjualnya pada 2018. Jika mobil ini masuk jalur produksi massal, maka akan mengisi slot di bawah Toyota 86 atau juga dikenal dengan julukan Hachi-Roku.

Penampilan S-FR terlihat sederhana tetapi tapi unik. Wajahnya mirip Mini Superleggera Vision yang diperkenalkan 2014 lalu. Lewat kombinasi warna dual-tone, dengan dominasi kuning stabilo dan hitam, dipastikan akan mudah menarik perhatian para pengunjung pameran. Interiornya dilengkapi instrument cluster full digital, termasuktombol start/stop engine.

Selain tampilan dan beberapa bocoran spesifikasi, Toyota masih belum mau bicara banyak soal konsep ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com