Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lexus, Avanza, atau Xenia LX Limited TRD Sportivo ?

Kompas.com - 09/10/2015, 11:45 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Agaknya sulit menerka maksud pemilik mobil yang ditemui di bilangan Jakarta Selatan ini. Meski sudah jelas sosoknya entah Avanza atau Xenia, namun berbagai tempelan emblem pengganti atau tambahan di bagian belakang bodi seakan menolak identias asli.

Lambang merek seharusnya terletak di bagian tengah, diganti dengan identitas khas Lexus berlatar merah. Penegasan juga ditambah dengan emblem tambahan bertuliskan “Lexus” di samping kiri.

Avanza/Xenia adalah model MPV kecil produksi Daihatsu, tapi entah kenapa pemilik mobil ini menempelkan emblem “LX” plus “Limited” di sebelah kanan. Bisa jadi pemilik mau semua orang tahu mobil ini adalah SUV besar Lexus LX, sementara “Limited” mengacu ke model LX 470 edisi terbatas yang hanya diproduksi 400 unit.

Masih belum cukup bikin bingung, di bagian kanan bawah terdapat logo TRD Sportivo. Lambang ini biasanya dikenakan model Toyota di Indonesia yang dijual dengan paket aerokit. TRD merupakan kependekan dari Toyota Racing Development, sementara Sportivo berasal dari bahasa Italia yang artinya sport.

GM Corporate Planning and Public Relation Toyota Astra Motor, Widyawati Soedigdo, pernah mengatakan, TRD Sportivo dikembangkan langsung dari prinsipal di Jepang khusus untuk pasar Asia. Konsentrasi pengembangan hanya pada style saja, tidak meliputi perubahan teknis performa.

Sebenarnya memodifikasi tempelan di mobil itu memang sah-sah saja dilakukan pemilik, tapi lebih baik punya acuan dan tidak berlebihan. Emblem pada mobil bukan cuma pajangan tapi juga simbol identitas.

Bagaimana menurut Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com