Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Membedakan Setir "Racing" Asli atau Palsu

Kompas.com - 09/10/2015, 08:15 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Di pasar aksesori atau aftermarket, toko yang menjual setir bergaya racing cukup banyak, mereknya beragam, dan harganya juga bermacam-macam. Tapi, hati-hati ketika memutuskan untuk membeli, sebab bukan berita baru kalau banyak barang palsu beredar di pasar.

Para oknum yang mau memanfaatkan ketenaran suatu merek tertentu mau ikut ambil untung, meski menawarkan produk yang punya standar kualitas yang jelas, layaknya produk asli. Lantas bagaimana cara untuk mengetahui suatu setir racing itu asli atau palsu, simak masukan dari Willy, pemilik Istana Mobil Sport di MKG, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Willy, paling mudah untuk membedakan antara setir racing asli dengan yang palsu, adalah dengan melihat kualitas bahan dan juga teksturnya. Jika penggunaan materialmya sedikit kasar dan bentuknya tidak presisi, bisa disimpulkan itu palsu atau KW.

"Sebenarnya hanya itu saja yang bisa kita ketahui lebih cepat. Dengan melihat kualitas bahan sudah dipastikan itu palsu," kata Willy kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Pria yang memiliki tato disekujur tangannya itu menambahkan, setir seperti keluaran Nardi, Momo, dan Isotta asli memiliki kualitas yang sangat bagus, bentuknya juga presisi. Cara lain yang bisa dijadikan acuan untuk cepat curiga, adalah banderol yang ditawarkan masing-masing produk. Setir racing asli harganya akan relatif lebih mahal ketimbang palsu.

"Seperti yang saya jual, merek Momo, Nardi dan Isotta di sini asli. Harganya pun dijual dari Rp 2 juta hingga Rp 4 juta. Kalau yang palsu harganya saja murah sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000, tapi kita tidak jual yang palsu, semua setir di sini didatangkan langsung dari pabrikannya," katanya.

Setir racing tesebut, menurut Willy bisa dipasang di semua jenis mobil. Fungsinya hanya sebagai aksesori dan mempercantik tampilan saja. Biasanya pembelinya yang benar-benar fanatik terhadap setir model seperti ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com