Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Sonic Langsung Tempel Suzuki Satria FU

Kompas.com - 09/10/2015, 07:32 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Meski kondisi pasar sepeda motor nasional lagi lesu, tapi persaingan antara merek anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) masih sengit. Paling menarik saat ini adalah memperhatikan segmen yang lagi banyak di sorot, yakni bebek sport kelas 150 cc.

Berkat peluncuran model terbaru Honda Sonic 150R oleh PT Astra Honda Motor (AHM), awal Agustus lalu, persaingan di segmen yang tadinya minim pilihan jadi mulai memanas. Suzuki yang beberapa tahun terakhir memasarkan Satria FU di segmen bebek sport ini praktis menikmati pasar sendirian.

Mengacu fakta pada data AISI, dua bulan pertama penjualan Honda Sonic langsung menunjukan angka yang menjanjikan, cukup untuk membuat Suzuki berfikir panjang. September lalu, Honda berhasil menjual 7.136 unit Sonic 150R, hanya terpaut tipis dibandingkan Suzuki yang menjual Satria FU 7.588 unit.

Memang kalau membandingkan penjualan kedua model yang menawarkan konsep desain sama yang kerap dijuluk "Ayam Jago" ini sejak Januari tidak adli. Pasalnya, Honda baru menjual Sonic mulai Agustus. Sementara Suzuki sudah memasarkan FU sejak awal tahun karena bukan model baru.

Nah, dalam dua bulan pertama pemasarannya (Agustus dan September 2015), Honda Sonic 150R tercatat sudah berhasil terjual 15.549 unit. Sementara dibandingkan periode bulan yang sama, Suzuki Satria FU menjual 16.280 unit. Di satu sisi Suzuki mau tetap mempertahankan dominasinya sebagai raja  "ayam jago" sedangkan Honda berniat mencuri posisi puncak dari rivalnya.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Akselerasi di putaran bawah sangat baik.

Yamaha Mendominasi

Seolah tidak tersentuh, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus melenggang dengan model andalannya, MX-King di segmen bebek 150 cc. Bebek bertuas kopling ini masih mendominasi penjualan di segmen ini dengan torehan 12.247 unit pada September lalu. Kalau di bandingkan dua bulan, sama seperti kasus Sonic Vs Satria di atas, maka total penjualan MX-King sudah mencapai 25.119 unit (Agustus-September 2015).

Dengan hasil ini, otomatis Yamaha sebenarnya yang jadi jawara bebek sport 150 cc di pasar sepeda motor nasional.

Sepanjang Januari-September 2015, penjualan bebek di Indonesia tercatat 649.560 unit atau mencakup 13,4 persen terhadap total pasar yakni, 4.821.191 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com