Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha R3 Buatan Indonesia Kena ”Recall” di AS

Kompas.com - 08/10/2015, 08:59 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Minggu ini, Yamaha mendominasi berita tentang sepeda motor di Amerika Serikat. Setelah diumumkannya YZF-R1S dan edisi 60th Anniversary Yamaha R1 dan R6, kemudian muncul berita lain. Kali ini negatif, pengumuman recall yang menimpa YZF-R3.

16 unit R3 dilaporkan mengalami masalah pada segitiga bagian atas. Disebutkan bahwa terdapat kesalahan pada pemasangan yang membuat segitiga itu bisa retak saat berkendara.

Akibat yang dikhawatirkan adalah hilangnya keseimbangan yang sangat besar kemungkinannya celaka karena sepeda motor tidak bisa dikendalikan.

Sepeda motor yang terimbas recall ini adalah yang diproduksi antara 1 Januari hingga 31 Agustus 2015. Jarak waktu yang cukup panjang, dan kemungkinan jumlah recall akan bertambah.

R3 hanya diproduksi di Indonesia oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan diekspor ke berbagai negara. Artinya, kemungkinan recall juga akan terjadi di beberapa negara di luar AS.

Yamaha mengoordinasikan soal ini dengan lembaga keselamatan jalan raya Amerika (NHTSA). Konsumen yang memiliki unitnya akan dihubungi, lalu komponen yang mengalami masalah akan diganti dengan yang baru tanpa biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com