Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen Rugi 87 miliar dollar AS karena “Dieselgate”

Kompas.com - 07/10/2015, 07:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Perusahaan pembiayaan dan analis ekonomi asal Swedia, Credit Suisse, mengestimasikan, dalam skenario paling buruk Volkswagen harus mengeluarkan dana sampai 87 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau untuk menangani kasus“dieselgate” sampai tuntas. Prediksi lain, biaya paling murah yang harus dikeluarkan sampai skandal ini mereda yakni 26,8 miliar dollar AS.

Credit Suisse menjelaskan kisaran angka itu diperoleh dari kalkulasi biaya ganti rugi konsumen, menenangkan situasi pada masyarakat, dan biaya pengadilan kriminal. Setelah mengakui melakukan metode ilegal demi meloloskan mobil diesel saat diuji emisi bahan bakar di AS, Volkswagen juga mengungkap skandal ini melibatkan 11 juta kendaraan di seluruh dunia.

Estimasi tertinggi dan terendah Credit Suisse bahkan jauh lebih besar dari pernyataan Volkswagen sebelumnya yang ingin menyisihkan 7,3 miliar dollar AS dari keuntungan perusahaan tahun lalu buat menyelesaikan masalah.

Penanganan paling memakan biaya dikatakan untuk membayar kompensasi pada pemilik mobil yang kehilangan nilai kendaraannya. Tapi sebenarnya ada solusi untuk itu, disebutkan, Volkswagen bisa melakukan cara lain dengan menawarkan diskon mobil baru buat pemilik kendaraan yang terlibat sebagai pengganti uang kompensasi.

Volkswagen tidak mau menanggapi prediksi Credit Suisse secara langsung, meski begitu ada salah satu sumber yang mau berkomentar. “Angka itu murni spekulasi. Kalkulasi itu omong kosong,” kata sumber tersebut seperti diberitakan CNN pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com