Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca Koran, Ketik Surel, Bisa Sambil Nyetir

Kompas.com - 06/10/2015, 17:37 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Gothenburg, KompasOtomotif – Produsen mobil asal Swedia Volvo menunjukkan bagaimana kinerja mudah mobil yang bisa menyetir sendiri di masa depan. Teknologi bernama IntelliSafe Auto Pilot itu akan dibenamkan pada XC90 dan memulai debut 2017.

Pengoperasian teknologi ditunjukkan dalam video, bagaimana di masa depan orang yang mengemudi dan supersibuk akan sangat dimudahkan dengan mobil yang bisa menyetir sendiri.

Volvo mengklaim bahwa IntelliSafe Auto Pilot adalah teknologi autonomous driving (AD) yang paling canggih dengan interface yang mudah digunakan.

Interface didesain simpel dan intuitif, dimana untuk mengaktifkan dan menonaktifkan AD cukup dengan mengoperasikan tuas kecil (paddle) pada setir.

captured via Youtube Tombol seperti paddle shift di setir memudahkan pengoperasiannya.
Saat mobil mendeteksi masuk area dimana bisa melakukan AD, sistem akan memberi pesan ke pengemudi bahwa ”auto pilot” sudah siap. Di saat yang sama, lampu pada paddle mulai menyala. Jika sudah benar-benar aktif, sistem akan memberi tahu lewat pesan pada panel atau suara.

Ketika mobil mendeteksi bahwa AD tak bisa digunakan lagi karena kondisi jalan, pengemudi akan diberi peringatan selama 60 detik untuk menonaktifkan dan mengambil alih kontrol kemudi.

Namun jika pada alasan tertentu pengemudi tak juga menonaktifkan auto pilot dalam semenit tersebut, mobil akan memandu secara otomatis ke tempat yang aman untuk berhenti.

IntelliSafe Auto Pilot akan tersedia pada 100 Volvo CX90 dan menyuplai proyek Drive Me di Gothenburg, Swedia, 2017 mendatang. Setelah itu, teknologi ini akan dikenalkan secara lebih luas untuk publik. 

Kini, berbagai aktivitas seperti membaca koran, menjawab surat elektronik (surel), atau sekedar bermain game bisa dilakukan sambil nyetir berkat teknologi ini. 

Lengkapnya, simak video ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com