Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grand New Avanza Mirip Mobil Mewah

Kompas.com - 06/10/2015, 07:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu fungsi pembaruan model yaitu memberikan beberapa perubahan yang lebih baik. Pada Grand New Avanza, poin yang telah dicapai yaitu membuat pengoperasian mobil saat berkendara menjadi lebih baik seperti diungkap salah satu konsumen setia Avanza, Ruslan Thamrin.

Ruslan bercerita kepada KompasOtomotif pekan lalu, ia tidak ragu mengganti mobil lamanya, Avanza tipe G 1.3L manual kelahiran 2011, menjadi Grand New Avanza tipe E 1.3 manual. Keyakinan semakin bertambah sebab ia merasa segala major change pada Avanza membuatnya ke arah yang lebih baik.

Febri Ardani/KompasOtomotif Salah satu pemilik Avanza model lama yang beralih ke "Grand New", Ruslan Thamrin (paling kiri) bersama keluarga.
“Waktu pertama kali mobil datang ke rumah itu saya coba-coba, rasanya beda seperti model lama,” ujar Ruslan. Ia mengaku mesti belajar memahami teknologi drive by wire sebagai salah perubahan Avanza yang berfungsi mengganti sistem kerja pedal gas mekanis (kabel) menjadi elektronik.

Ruslan mengatakan tidak tahu banyak soal teknis, tapi yang dirasakan gejala “ndut-ndutan” saat pedal gas digunakan pada model lama kini hilang. “Saya setuju kalau dihilangkan, jadi makin enak kalau macet kan biasanya kita suka menahan gas. Sekarang seperti bawa sedan, rasanya kok mirip bawa mobil mewah,” ucap Ruslan.

Momen buka-tutup gas yang dikendalikan kaki kanan melalui pegas kini diatur elektronik. Jadi responnya ke mesin lebih presisi karena tidak kehilangan momentum seperti menggunakan kabel. Hasilnya, tenaga yang diinginkan sesuai jadi konsumsi bahan bakar bisa lebih irit. Selain itu, teknologi ini juga menawarkan rasa berkendara lebih halus. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com