Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla Model X, "Crossover" Listrik Terbaru dari Amrik

Kompas.com - 05/10/2015, 07:05 WIB
Aditya Maulana

Penulis

California, KompasOtomotif – Produsen mobil listrik terkemuka asal California, Amerika Serikat (AS), Tesla Motors menambah line-up dengan meluncurkan model terbaru. Adalah Model X, crossover listrik yang memiliki tampilan unik pada pintu kedua, karena bisa dibuka ke atas (gullwing) dan juga memiliki kapasitas tujuh orang penumpang.

Seperti dilansir laman TopGear, Senin (5/10/2015), sistem penggerak Tesla Model X, menggunakan motor listrik independen pada setiap as roda dan mampu menghasilkan tenaga 259 tk pada bagian depan dan 503 tk di belakang sehingga totalnya 762 tk. Dengan tenaga tersebut, crossover listrik ini mampu berakselerasi dari titik nol hingga 100 kpj hanya dalam 3,2 detik.

Urusan keamanan jangan diragukan, karena Tesla Model X menjadi mobil listrik dengan peringkat lima bintang setiap kali dilakukan uji tabrak. Rating yang baik ini diperoleh karena Model X tidak memiliki mesin bensin di bagian depan sehingga mobil bisa memiliki crumple zone yang lebih baik.

TopGear Mobil listrik Tesla Model X

Karena ini adalah crossover listrik tujuh penumpang, Tesla tetap membuat akses masuk baris ketiga dengan mudah. Ada tombol yang tersedia di baris kedua dan hanya ditekan, nanti secara otomatis jok baris kedua maju untuk menyediakan ruang penumpang masuk.

Tak hanya itu, Tesla Model X juga memiliki fitur pencegahan tabrakan dari samping (side collison avoidance) dan rem otomatis (emergency braking automatic). Bobot mobil ini juga hanya 2368 kg dengan baterai terpasang di bawah lantai.

Nah, apakah Tesla Model X ini akan ikut diniagakan di Indonesia? Karena mobil listrik Tesla lainnya, yakni Model S sudah dijual di Tanah Air melalui Importir Umum (IU).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com