Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini SPBU Shell Punya Bengkel Perawatan

Kompas.com - 02/10/2015, 07:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – SPBU Shell di Pondok Indah kini punya bengkel khusus yang bisa mengerjakan perawatan kecil-sedang buat kendaraan roda empat dan dua. Bengkel itu disebut Bosch Car Service (BCS) dan baru saja diresmikan, Kamis (1/10/2015).

BCS merupakan hasil kerja sama Shell Indonesia dengan merek produk otomotif Bosch. Bengkel perawatan di dalam SPBU ini jadi aksesori tambahan buat SPBU Shell, fungsinya menambah poin one stop solution, seperti dikatakan Wahyu Indrawanto, General Manager, Shell Retail for Indonesia, Singapore, and Hong Kong, saat peresmian.

“Ini adalah upaya Shell dan Bosch untuk menciptakan perawatan berkualitas sekaligus membuat SPBU Shell jadi poin destinasi buat konsumen. Selain bisa menikmati BBM (bahan bakar minyak) berkualitas, konsumen bisa mendapatkan kualitas waktunya untuk kegiatan lain,” kata Wahyu.

Sebelum punya BCS, SPBU Shell Pondok Indah memiliki toko kelontong sebagai tujuan lain konsumen selain mengisi BBM kendaraan. Kini, dengan kehadiran BCS, datang ke SPBU tak melulu soal BBM tapi bisa juga beralasan ingin merawat kendaraan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bosch Car Service.
BCS di SPBU Shell bisa melakukan perawatan seperti, isi ban dengan nitrogen, tambal ban tubeless, penggantian komponen meliputi busi, saringan udara, dan kampas rem. Selain itu BCS juga bisa melakukan perawatan rutin seperti tune up, diagnosa mesin injeksi, perbaikan kelistrikan ringan, dan menjual aksesori.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mekanik sedang memeriksa kondisi mobil di Bosch Car Service.
Di Jakarta hingga kini SPBU Shell yang dilengkapi BCS ada dua, selain di Pondok Indah juga di Pluit. Sebenarnya, total SPBU Shell dengan BCS di Indonesia ada empat, dua lainnya ada di Grand Wisata-Bekasi dan BSD City, Tangerang.

 

Federico Bianco, Country Manager Automotive Aftermarket PT Robert Bocsh, menjelaskan terdapat 17 BCS di seluruh Indonesia. Sementara itu Bianco mengklaim Bosch adalah perusahaan dengan bengkel terbanyak, yaitu 17.000 unit di seluruh dunia.

Pada akhir 2016, ia juga mengungkap target perusahaan ingin mencapai 32 BCS di seluruh Indonesia yang tersebar di 11 kota. “Desain bangunan ini standar, tapi BCS bukan standar buat seluruh SPBU Shell,” kata Bianco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com