Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Lampu Mata Kucing untuk Mobil Keluarga

Kompas.com - 30/09/2015, 08:51 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski bentuknya kecil, tapi peran lampu mata kucing pada mobil sangat penting. Apalagi ketika pengemudi kendaraan tersebut menginjak pedal rem dan lampu tersebut bisa menyala. Fungsinya untuk memberikan tanda kepada mobil yang ada di belakangnya. Tapi terkadang ada juga yang hanya menjadi pemanis.

Saat ini, banyak mobil mobil yang dilengkapi dengan lampu mata kucing pada bagian bemper belakang bawah. Disebut mata kucing karena punya karakter mirip dengan mata binatang jinak itu, ketika terpantul cahaya maka akan menyala.

Kini, supaya pengemudi belakang lebih mudah mendeteksi kendaraan di depannya, banyak toko aksesori aftermarket menjual beragam lampu mata kucing yang bisa menyala ketika pengemudi menginjak pedal rem. Salah satunya Alif Auto yang berada di MGK Kemayoran, lantai lima, Jakarta Pusat.

Desi, pemilik Alif Auto menerangkan, lampu mata kucing yang dijualnya ini khusus untuk mobil keluarga seperti Toyota Avanza, Rush, Innova, Daihatsu Xenia, Terios hingga Honda CR-V dan Mobilio. Harganya pun relatif terjangkau, sepasang dijual dari Rp 170.000 hingga Rp 250.000

“Fungsinya selain untuk lebih tampil gaya, juga saat mobil itu mengerem maka lampu mata kucing ini akan ikut menyala memberikan tanda kepada mobil yang ada di bekalangnya,” ujar Desi kepada KompasOtomotif.

Dessi melanjutkan, lampu mata kucing ini tersedia dua pilihan warna, yakni merah dan putih. Proses pemasangannya juga cepat, hanya membutuhkan waktu 20 menit saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com