Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen Sudah Diperingati Sejak Jauh Hari

Kompas.com - 28/09/2015, 15:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Wolffsburg, KompasOtomotif – Staf internal dan salah satu pemasok komponen disebut telah memperingati Volkswagen tentang perangkat lunak yang berfungsi mengakali uji emisi bahan bakar diesel di Amerika Serikat (AS). Volkswagen kini sedang meneliti apakah para jajaran para eksekutif mengetahui masalah kejanggalan ini sebelumnya.

Perangkat lunak yang disebut defeat device oleh Environmental Protection Agency (EPA) AS dalam surat peringatannya itu berubah jadi skandal terbesar dalam 78 tahun sejarah Volkswagen. Grup pabrikan terbesar asal Eropa itu dituduh mengakali uji emisi bahan bakar mesin diesel di mobil merek Volkswagen dan Audi.

Dampak ini semakin besar, sebab Volkswagen mengakui ada 11 juta kendaraan yang terlibat. Jumlah itu jauh lebih tinggi dari pernyataan EPA sebelumnya yang meliputi sekitar 480.000 unit di AS saja.

Seperti dilansir di Reuters pekan lalu, Surat kabar Jerman The Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung, mengungkap dari sumber internal, dewan direksi Volkswagen telah mendapatkan laporan yang menunjukan teknisi Volkswagen sudah diperingati tentang praktek illegal emisi pada 2011. Surat kabar Jerman yang lain, Bild am Sonntag, mengatakan Volkswagen juga telah ditegur dari produsen komponen Bosch pada 2007 tentang usaha ilegal penggunaan teknologi perangkat lunak Bosch.

Tidak ada satupun komentar Volkswagen yang bisa didapat dari dua pemberitaan tersebut.

“Kini ada investigasi serius yang sedang dijalani dan fokus tentang solusi teknis buat konsumen dan diler,” ungkap salah satu juru bicara Volkswagen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com