Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Tengah-Yogya, ”Emas Terpendam” Nissan-Datsun

Kompas.com - 26/09/2015, 09:46 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Yogyakarta, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melihat pasar otomotif di Jawa Tengah khususnya Yogyakarta masih cukup menggeliat di tengah lesunya perekonomian nasional dan melemahnya rupiah. Angka penjualan masih cukup tinggi, terutama untuk produk Grand Livina sebagai kendaraan keluarga.

Budi Nur Mukmin, GM Strategi Pemasaran NMI mengatakan bahwa Nissan melihat pasar otomotif di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta cukup prospektif. ”Hal ini terlihat dari penjualan Nissan yang mencapai 2.040 unit selama Januari-Agustus 2015 untuk daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah,” ujar Budi dalam siaran resmi, (25/9/2015).

Yogyakarta dan Jawa Tengah masing-masing memiliki market share sebesar 7 persen dan 6 persen. Grand Livina merupakan produk Nissan yang paling laku di Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan penjualan sebanyak 1.043 unit, disusul March dengan 613 unit.

Itulah kenapa NMI memutuskan untuk terus berpenetrasi lebih dalam ke pasar Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan mengikuti Pameran Otomotif Jogjakarta (POJOG) 2015 yang diselenggarakan Dyandra Promosindo di Jogja Expo Centre (JEC), 23-27 September 2015.

Nissan memamerkan tiga model andalannya, yaitu X-Trail 2.5 CVT, Grand Livina Autech, dan March 1.2 Mid. Sementara Datsun yang juga menjadi bagian Nissan menampilkan Datsun GO Panca T-Active Special Edition, Datsun GO+ Panca T-Style dan Datsun GO Panca yang sudah dimodifikasi.

Sama halnya dengan Nissan, Datsun di Yogyakarta dan Jawa Tengah juga meraih penjualan cukup tinggi. Sejak diluncurkan pada Mei 2014 hingga Agustus 2015 Datsun di dua daerah ini terjual mencapai 4.590 unit.

Promo
Selama periode POJOG 2015, Nissan menawarkan berbagai diskon dan program lucky dip voucher dengan total nilai sekitar Rp 50 juta. Nissan juga menyediakan satu unit X-Trail untuk test drive kepada pengunjung yang tertarik.

NMI juga memperkenalkan teknologi yang disematkan pada All New X-Trail, yaitu Around View Monitor (AVM), dengan menantang pengunjung untuk melakukan parkir tanpa melihat kaca spion atau menengok ke belakang.

Sementara Datsun menyediakan permainan dan hadiah untuk para pembeli Datsun GO+ Panca di POJOG 2015. Pembeli Datsun GO+ Panca dengan booking fee minimum Rp2 juta berkesempatan mengikuti ”Datsun Shoot Up Three Points Challenge”. Game ini menyediakan voucher belanja dan berbagai gadget menarik seperti kamera dan GPS untuk dibawa pulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com