Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reshuffle Direksi Volkswagen di Tengah Skandal Uji Emisi

Kompas.com - 25/09/2015, 12:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Berlin, KompasOtomotif – CEO Porsche, Matthias Muller, dilaporkan Reuters, Kamis (24/9/2015), sebagai pengganti CEO Volkswagen AG Martin Winterkorn yang baru saja mengundurkan diri sebagai tanggung jawab atas skandal uji emisi bahan bakar diesel di Amerika Serikat (AS). Muller akan memimpin lebih dari 10 merek bisnis di bawah Volkswagen AG, tapi tugas pertamanya mengawal grup otomotif asal Jerman ini keluar dari krisis.

Selepas pengajuan resign Winterkorn disetujui, Volkswagen AG mulai merombak jajaran eksekutifnya. Muller baru salah satu, CEO Volkswagen Group of America Michael Horn disebut juga akan lepas jabatan. Pemimpin operasi Volkswagen di AS akan digantikan oleh CEO Skoda Winfried Vahland.

Media asal Jerman, Bild.de, mengabarkan, bos R&D Audi Ulrich Hackenberg dan bos R&D Porsche Wolfgang Hatz segera mengajukan surat pengunduran diri. Semua penggantian itu akan diumumkan hari ini, Jumat (25/9/2015), bersamaan dengan pengumuman pengganti Winterkorn.

Sebelum terjerumus dalam skandal ini, Volkswagen AG tengah memimpin sebagai grup otomotif dengan penjualan mobil terbanyak di atas Toyota dan General Motors. Merek-merek di bawah bendera Volkswagen AG di antaranya  Audi, Bentley, Bugatti, Lamborghini, Porsche, SEAT, Škoda, Volkswagen, Ducati, MAN, dan Scania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com