Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Debu Selimuti Perjalanan Awal Terios 7 Wonders

Kompas.com - 14/09/2015, 16:48 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Karuing, KompasOtomotif - Rangkaian ekspedisi Terios 7 Wonders di tanah Borneo resmi dimulai, Minggu (13/9/2015). Setelah dilepas di diler Daihatsu Tri Mandiri Sejati Palangka Raya, tujuh rombongan langsung bertolak ke Karuing, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, dengan jarak tempuh 170,5 km.

Meski baru menempuh jarak kurang lebih hampir 5 jam, tapi New Terios sudah mendapat ujian berat di awal perjalanan. Mulai dari melintasi areal perkotaan Palangkaraya, sampai jalur lintas kota yang cukup minim menuju Sampit hingga lokasi tujuan.

Kondisi jalan yang masih dalam tahap perbaikan membuat ruas yang dilalui cukup sempit, bahkan sampai ada yang berlubang. Dengan kondisi empat orang penumpang lengkap dengan barang bawaan penuh baik di bagasi dan roofbox, sensasi awal menjadi penumpang di baris kedua masih cukup baik.

ADM Jalan masih dalam perbaikan, ada juga yang tidak tertutup aspal, berlubang, dan pastinya berdebu tebal.

Bahkan ketika hampir sampai di titik pemberhentian pertama, trek jalan sepanjang Kereng Pangi, Kalteng yang belum dilapisi aspal ini menjadi pengalaman pertama para rombongan menyaksikan ketanguhan New Terios. Sensasi medan sepanjang 10 km dengan kondisi debu dan berlobang mampu dituntaskan tujuh SUV yang terdiri dari empat varian transmisi manual dan tiga otomatis.

Dermaga Baon Bungo, menjadi tiitk akhir sebelum kami meyisir sungai Katingan untuk menuju Desa Keruing yang berada di Kawasan Taman Nasional Sebangau. Di sini rombongan berinteraksi dengan kekayaan alam, baik flora dan fauna, seperti pohon Keruing, Anggrek hutan, sampai Orang Utan. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com