Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur ABS di New Ertiga Hilang, Ini Penjelasan Suzuki

Kompas.com - 10/09/2015, 10:01 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


Cirebon, KompasOtomotif - Suzuki baru saja meluncurkan model andalannya, New Ertiga, di pameran otomotif nasional di Tangerang, Banten (20/8/2015). Banyak yang ditawarkan di New Ertiga yakni tampilan dan kelengkapan dan kenyamanan.

Namun, kendaraan multiguna bawah (low multi purpose vehicle/LMPV) ini ternyata menanggalkan salah satu fitur yang sempat jadi andalan sebelumnya, yakni rem dengan sistem anti-brake lock system (ABS).

Jadi, pada Ertiga lawas, Suzuki menawarkan kelengkapan rem ABS dan Electronic Brake-Force Distribution (EBD) pada tipe GX. Tapi, pada New Ertiga, kelengkapan ini tidak lagi ditawarkan. Namun, keputusan ini bukan tanpa alasan, Suzuki ternyata punya strategi tersendiri.

Kini pada New Ertiga, semua varian sudah dilengkapi dengan fitur kantong udara ganda (dual airbag). Padahal, sebelumnya kelengkapan ini hanya tersedia di tipe GX.

"Ini hanya masalah strategi fitur saja, kami tetap akan menawarkan fitur itu (ABS), tapi bukan pada tipe yang ada saat ini," kata Donny Saputra, Kepala Pengembangan Produk SIS di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (9/9/2015).

Artinya, Suzuki sebenarnya sudah menyiapkan varian tambahan bagi New Ertiga, tapi belum diluncurkan. "Kami mencoba memperluas pilihan bagi konsumen, terutama bagi mereka yang lebih dalam waktu dekat akan diperkenalkan," ujar Donny, tanpa mau menjelaskan lebih lanjut rencana ini.

Ketika jadi dipasarkan, maka varian baru New Ertiga ini akan menjadi model termewah dan tentunya banderol termahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com