Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Velozity Bantu Warga di Riau karena Kabut Asap

Kompas.com - 08/09/2015, 16:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Pekanbaru, KompasOtomotif – Kabut asap yang menyelimuti berbagai wilayah di Sumatera sudah masuk kategori darurat dan mengganggu kehidupan masyarakat. Bantuan dari banyak pihak langsung bergerak membantu warga di lokasi, salah satunya adalah Velozity (Veloz Community) Chapter Riau sebagai wakil otomotif yang berinsiatif di Pekanbaru.

Velozity (Veloz Community) Velozity (Veloz Community) Chapter Riau.
Akhir pekan lalu (5/9/2015), para pemilik Toyota Avanza Veloz itu membagikan masker pelindung pernapasan gratis kepada pengguna mobil, sepeda motor, termasuk masyarakat sekitar di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Riau. Masker menjadi perlindungan utama kesehatan karena gangguan pernapasan jadi masalah utama yang dialami masyarakat. Selain itu, kabut asap mengurangi jarak pandang dan cenderung tidak aman untuk berkendara.

Ketua Velozity Chapter Riau, Syafriandi, berpendapat, sebaiknya masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan serta selalu menggunakan masker bila ke luar rumah. Ia berharap aksi ini mampu menggerakan sinergi pemerintah dengan masyarakat dan seluruh pihak terkait penanggulanan bencana kabut asap.

Velozity (Veloz Community) Indikator kesehatan udara.
“Kita akan mendukung setiap kegiatan pembagian masker dimanapun dan oleh siapapun karena kepedulian itu merupakan salah satu ciri budaya bangsa kita, termasuk hari ini yang dinilai sangat positif karena tidak hanya meneriakkan penyelesaian masalah asap namun juga pemberian masker gratis kepada pengguna jalan,” kata Syafriandi.

Selain Riau, wilayah lain di Sumatera yang sudah terpapar kabut asap pekat meliputi Sumatera Selatan dan Jambi. Bukan hanya itu, kabut asap juga menyebar ke Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Bantuan kecil tapi berguna masih lebih baik ketimbang hanya menekan tombol “like” di media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com