Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche dan Bentley Berebut Gelar SUV Tercepat

Kompas.com - 05/09/2015, 10:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Crewe, KompasOtomotif – Anggota keluarga baru sekaligus pembuka pasar SUV buat Bentley, Bentayga, siap diluncurkan dalam waktu tidak lama lagi. Meski rencananya baru diluncurkan tahun depan, merek asal Inggris itu mengklaim Bentayga menwarkan kecepatan maksimum tertinggi dari SUV manapun.

Catatan kecepatan tertinggi SUV sebelumnya dicetak oleh Porsche Cayanne Turbo S yaitu 300 kpj. Dalam video yang diunggah Bentley ke internet menunjukan Bentayga sanggup dipacu hingga 301 kpj. Kecepatan kedua SUV memang terpaut tipis, 1 kpj, tapi jelas menunjukan di trek kosong Bentayga bisa lebih cepat dari Cayanne Turbo S.

Kenyataan itu bisa jadi mencengangkan, tapi sebenarnya sudah bisa diprediksi. Pada Januari lalu, saat Bentayga masih dikembangkan, kepala riset dan pengembangan Porsche Wolfgang Hatz mengatakan Bentley tengah berusaha melebihi top speed Cayanne Turbo S.

“Saya pikir bila (boss Bentley Wolfgang Durheimer) mencoba lebih dari 2–3 kpj, kenapa tidak? Ia melakukannya dengan mesin 12 silinder. Tapi mobil kami akan lebih cepat di jalanan,” kata Hatz, seperti diberitakan Car and Driver, Jumat (4/9/2015).

Car and Driver Kecepatan maksimum Bentley Bentayga mencapai 301 kpj.
Karena belum meluncur Bentley masih menyimpan spesifikasi detail Bentayga. Namun hal yang sudah diketahui yaitu Bentayga dibangun menggunakan platform MLB (Modularer Längsbaukasten) milik Volkswagen Group sama seperti Audi Q7 dan menggendong sumber tenaga W12 6.0L dengan lebih dari 500 tk. Sedangkan Cayanne Turbo S memakai mesin V8 4.5L turbo ganda bertenaga 521 tk.

Kendati Porsche juga bagian dari Volkswagen Group, perburuan gelar SUV tercepat sejagat masih terus berlanjut. Hatz pernah mengatakan generasi terbaru Cayanne akan lebih ringan dari model yang beredar sekarang. Ditambah hasil pengembangan mesin baru V8 turbocharger yang diproduksi di pabrik baru di Stuttgart, Jerman, generasi Cayanne selanjutnya akan unggul dalam rasio bobot dan tenaga.

Berikut rekaman kecepatan tertinggi Bentley Bentayga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com