Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Rp 5 juta, Sepeda Bisa Jalan Tanpa Dikayuh

Kompas.com - 02/09/2015, 10:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Buat siapa saja yang mau bersepeda tapi tidak mau capek mengayuh, mungkin alternatif dari Selis ini bisa dipertimbangkan. Merek milik PT Juara Bike itu menyediakan kit khusus untuk memodifikasi sepeda menjadi sepeda listrik.

Febri Ardani/KompasOtomotif Selis juga bisa memodifikasi sepeda agar bisa bergerak menggunakan tenaga listrik.
Ada dua tipe kit, E-Kit Bottle yang dijual Rp 5, 05 juta dan E-Kit Carrier seharga Rp 5,7 juta. Beda keduanya yaitu daya, bentuk dan posisi baterai. E-Kit Bottle dengan baterai 24 Volt – 12 Ampere diletakan di batang sasis di depan pesepeda, sedangkan E-Kit Carrier termasuk baterai 36 Volt -12 Amper diletakan di belakang.

Febri Ardani/KompasOtomotif Dilengkapi dengan dinamo di pelek belakang dan indikator tenaga listrik di setang.
Kit terdiri dari motor elektrik, controller, baterai, sistem akselerasi, dan charger. Tidak sama seperti produk Selis lainnya yang menggunakan aki Lead Acid, baterai pada kit ini memakai bahan Lithium ion. Tenaga listrik bisa digunakan untuk membantu meringankan kayuhan atau sepenuhnya menggerakan sepeda tanpa dibantu usaha mengayuh pedal.

Supervisor PT Juara Bike David Christian di stan Selis di Gaikindo Indonesia International Auto Show, pekan lalu menjelaskan, kit bisa digunakan untuk hampir semua jenis sepeda. Syaratnya hanya wajib menggunakan pelek jari-jari, sebab pemasangan kit termasuk memodifikasi pelek belakang agar bisa meletakan dinamo.

“Selain produksi kendaraan listrik kita juga pusat modifikasi sepeda, mungkin kita yang pertama bisa begini,” kata David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com