Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Lengkapi Ciaz dengan Teknologi Hibrida

Kompas.com - 01/09/2015, 16:36 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Suzuki Ciaz boleh saja baru diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015, tapi di India, sedang kompak itu sudah punya varian hibrida. Peluncuran Ciaz hibrida di India dilakukan Selasa (1/9/2015).

Suzuki Mesin Ciaz 1.3L dengan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).
Keluarga terbaru Ciaz itu menggunakan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki), teknologi sumber penggerak baru ini juga baru saja dipamerkan di GIIAS 2015. Di India, SHVS bekerja sama dengan mesin diesel 1.3L DDiS, menghasilkan kombinasi tenaga 88,4 tk dan torsi 200 Nm.

Suzuki Suzuki Ciaz hibrida.
Varian baru hibrida mengganti varian bermesin diesel 1.3L yang sudah beredar sebelumnya. Tapi keunggulannya yakni dari segi konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 26,21 – 28,09 kpl.

Ciaz hibrida hanya memiliki transmisi 5-percepatan, dilengkapi ISG (Integrates Starter Generator), regenerasi energi dari pengereman, sistem start-stop, dan bantuan pengatur torsi. Dari tampilan keseluruhan, tidak ada perbedaan Ciaz hibrida dengan varian lainnya kecuali punya lambang “SHVS” di belakang.

Suzuki India juga mulai membenahi Ciaz dengan menyematkan fitur keselamtan. Di antaranya dual airbags, sabuk pengaman pretensioner, anti-lock braking system, dan electronic brake distribution, sebagai perlengkapan standar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com