Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Kerja Kantong Udara dalam Gerakan Lambat

Kompas.com - 01/09/2015, 13:47 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif – Sabuk keselamatan dengan fitur pretensioner dan kantong udara berperan penting dalam melindungi penumpang mobil. Kedua kelangkapan itu memang sudah dikenal, tapi sedikit yang tahu dan faham visualisasi cara kerjanya.


Dalam video yang dibuat The Slow Mo Guys menjelaskan kerja kantong udara di kemudi. Rekamannya menampilkan gerakan sangat lambat, jadi detail fungsinya bisa dipahami lebih dalam. Reaksi kimia dalam inflator mengisi kantong dengan gas tidak beracun. Tidak sampai satu detik, kantong udara bisa mengembang penuh.

Kantong udara akan perlahan mengempis setelah mengembang sebab terdapat lubang di bagian belakang. Dikatakan juga komponen terasa panas setelah digunakan.


Video kedua yaitu tentang kerja pretensioner pada sabuk pengaman, fungsinya mengeratkan sabuk agar menjaga tubuh tetap menempel pada jok. Selain itu gunanya menghindari tubuh dari letupan maksimal kantong udara.

Sama seperti komponen kantong udara, detail kerja pretensioner bisa dicermati dalam gerakan sangat lambat. Rekamannya bisa sampai 28.000 frame per seconds.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com