Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari Sirkuit Silverstone, Northampton, Inggris

Ketika Fairlady "Mengajak Menari" di Silverstone

Kompas.com - 01/09/2015, 08:01 WIB
Northampton, KompasOtomotif - Nissan 370Z memang punya tampilan eksotis dan cukup menarik perhatian. Apalagi varian Nismo, yang dilengkapi dengan beberapa aerokit hingga tampilannya lebih sporty dan sangar.

Ternyata tak hanya tampilan, Nissan juga membekali mobil sport kupe tersebut dengan tenaga yang besar. Mesin V6 dengan kapasitas 3.696 cc yang bersemayam di balik kap punya daya 339 tk. Dengan transmisi manual 6 percepatan mobil dengan bobot 1.535 kg tersebut diklaim mampu melesat 0 - 100 kpj dalam 5,2 detik.

KompasOtomotif mendapat kesempatan untuk merasakan berakselerasi dengan mobil sport yang juga dikenal sebagai Fairlady, di sela-sela acara Nissan GT Academy 2015 beberapa pekan lalu. Lokasi ujicoba kali ini di Sirkuit Silverstone, Northampton, Inggris. Meski di Inggris mobil yang digunakan merupakan model setir kanan, namun yang disediakan panitia kali ini adalah versi setir kiri.

Setelah mendapat sedikit penjelasan instruktur mengenai karakter mobil dan sirkuit, akhirnya awak redaksi memulai petualangan bersama Fairlady selama 4 putaran. Begitu keluar area pit, pedal gas langsung ditekan sehingga bisa merasakan semburan tenaga yang cukup besar. Namun tidak sampai titik maksimal karena harus melakukan deselerasi untuk menghadapi tikungan tajam ke kanan.

KompasOtomotif Nissan 370Z mantap diajak manuver karena stbilitas yang mumpuni
Gejala negatif

Bermodalkan body kompak dan aerodinamis, tidak sulit melakukan manuver di tikungan berkarakter kencang. Arah ban mudah diatur sesuai dengan putaran setir. Bisa dikategorikan sangat minim gejala negatif pengendalian, understeer. Sebagai mobil dengan sistem gerak roda belakang, gejala bagian belakang menyalip (oversteer) juga tidak terlalu terasa ekstrem. Pergeseran body masih terasa namun masih bisa diantisipasi dengan baik. Apalagi ditunjang dengan kontrol stabilitas yang sepenuhnya tidak mati meski sudah dinonaktifkan.

Sempat terpikir untuk mencoba seberapa ektrem 370Z ini bisa menari di tikungan, dan mencoba penanganan kontrol stabilitas terhadap gejala neagtif dalam skala maksimal. Dalam tikungan dengan sudut hampir 90 derajat, mobil sengaja dibuat nge-drift. Namun apa yang terjadi, ketika hendak menambah gas agar "tarian" di tikungan makin "hot", kontrol stabilitas langsung bekerja. Bukaan gas secara otomatis diatur untuk mereduksi kecepatan supaya mobil bisa kembali ke arah yang tepat dengan kondisi aman.

Kecepatan maksimal

Saking nikmatnya bermanuver di tikungan-tikungan Silverstone, awak redaksi nyaris lupa untuk melihat spidometer saat melakukan akselerasi maksimal di trek lurus. Pada lintasan lurus berjarak sekitar 1 km tersebut, pedal gas dibejek hingga mentok. Dari ruang kemudi terdengar raungan mesin dan knalpot yang nge-bass yang sangat memacu adrenalin. Di titik pengereman kecepatan maksimal yang terlihat di spidometer mencapai 210 kpj.

Kondisi tersebut tidak didapat dari posisi diam. Sebelum trek lurus ada tikungan karakter cepat. Saat keluar tikungan, transmisi sudah berada di posisi 3 dengan rpm tengah. Karena sedang konsentrasi melahap tikungan, awak redaksi tidak sempat melihat posisi jarum spidometer.

Kesimpulan

Sebagai mobil sport berpenampilan eksotis, 370Z Nismo memang sangat menarik perhatian. Ditambah lagi dengan performa yang mumpuni serta stabilitas yang baik. Bagi mereka yang doyan mobil sport akan menikmati suara deruman mesin dan knalpot dari dalam kabin yang cukup terasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com