Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pelajaran ”Stoppie” dan ”Wheelie” untuk Pemula

Kompas.com - 29/08/2015, 18:33 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ingin jadi freestyler atau stunt rider? Siapkan mental dan keseriusan, karena keahlian yang bisa menjadi profesi ini tak bisa dilakukan sambil lalu. Butuh ketekunan untuk menjadi mahir, sama seperti melatih keterampilan lain. Begitulah kata Rok Bagoros, freestyler asal Slovenia yang datang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.

Sabtu (29/8/2015), di area outdoor JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rok tak hanya menunjukkan keterampilan ”menari-nari” di atas sepeda motor, tetapi juga berbagi pengalaman dan ilmu untuk biker Indonesia, khususnya anggota komunitas. Trik dasar stoppie dan wheelie menjadi menu pembelajaran.

Apa saja triknya? Berikut ringkasan materi yang diberikan Rok kepada komunitas dan KompasOtomotif:

1. Jangan emosi. Saat melakukan dua trik tersebut, lakukanlah sedikit demi sedikit. Jangan seperti kebanyakan orang yang ingin langsung mendapatkan gerakan sempurna. ”Misalnya stoppie, angkat ban mulai dari 5 cm, 10 cm, sampai setinggi yang kita bisa,” kata Rok.

2. Gunakan perlengkapan yang baik. Misalnya sepatu, helm, dan pelindung. Ini akan memberi kepercayaan diri lebih, sekaligus meningkatkan unsur keamanan (safety).

3. Untuk trik wheelie, komponen penting dari sepeda motor adalah kopling, gas, dan rem belakang. Saat akan mengangkat, jangan langsung ditarik dengan tangan. Biarkan tenaga mesin yang mengangkat sambil mengerem belakang sedikit demi sedikit. Semua dilakukan bersamaan dan memang butuh latihan.

4. Saat melakukan stoppie, kecepatan harus cukup (kencang). Rem roda depan sedikit demi sedikit, menyesuaikan gerakan sepeda motor yang mulai terangkat. Tangan dan badan harus kaku, tetapi mengikuti gerakan. Jangan sekali-kali badan yang berusaha mengangkat bodi belakang.

5. Panaskan ban. Misalnya untuk melakukan stoppie, berarti memanaskan ban depan dulu. Atau kalau wheelie, ban belakang lebih menentukan.

6. Lakukan semua trik itu di area yang lapang. Dilarang melakukannya di jalan raya atau fasilitas umum, kecuali para profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com