Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontrol Audio di Setir buat Mobil Murah

Kompas.com - 29/08/2015, 15:25 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Biasanya, sistem kontrol audio pada kemudi hanya tersedia pada mobil menengah, mewah, atau varian model tertinggi. Tetapi, jangan khawatir, sekarang mobil varian menengah dan bawah pun bisa ikut tampil elegan seperti itu dengan menambahkan produk aftermarket.

Di pasaran, kini tersedia headunit Rodek yang dijual beserta sistem remote untuk dipasang di setir. Sistem remote itu berupa panel yang didesain mirip produk OEM (original equipment manufacturer) tergantung merek mobil.

Febri Ardani/KompasOtomotif Koneksi panel kontrol ke headunit menggunakan sinar inframerah. Kerja panel kontrol dibantu baterai.
Robert, Manager Marketing PT New TAC sebagai distributor Rodek, menjelaskan, ketika tombol ditekan, sinyal akan dikirim melalui jaringan inframerah ke headunit. Sumber tenaga panel kontrol tidak mengambil dari mobil, melainkan berasal dari sejenis baterai jam. Daya tahannya dikatakan sampai satu tahun.

“Metode ini memungkinkan pemasangan tidak mengganggu sistem kelistrikan mobil dan kerja kantong udara,” kata Robert di stan Rodek di Hall 1 Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015, Sabtu (29/8/2015).

Sistem kontrol audio ini tersedia untuk merek Toyota, Daihatsu, Honda, dan Suzuki. Robert menjelaskan, khusus "mobil murah" seperti Agya dengan headunit Rodek XS6955 dijual Rp 3 juta, sedangkan buat Honda Brio Satya menggunakan headunit XS6992 dilego Rp 2,5 juta.

“Harganya sudah murah, silahkan hubungi diler-diler Rodek terdekat. Sekarang mobil-mobil sudah bisa tampil seakan-akan jadi kelas premium,” kata Robert.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com